Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/22/2020

Kapten Inf Marjono Berikan Penyuluhan Kesadaran Bela Negara Kepada Pengurus PKK dan Kader Desa Sidaurip

Cilacap,Jendelaindo - Bagi Rakyat Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara dan sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Hal tersebut dikatakan Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf Marjono dihadapan Pengurus PKK Desa Sidaurip dan para Kader pada saat Rapat Rutinan yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Sidaurip Kecamatan Gandrungmangu, Rabu (21/10/2020).


Selaku pemateri Penyuluhan Kesadaran Bela Negara (PKBN), Kapten Inf Marjono menjelaskan, Pancasila sebagai dasar negara mendasari pasal-pasal dalam UUD 1945 serta menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.


"Pancasila sebagai pandangan hidup memiliki nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang mana di tuangkan dalam 36 butir mutiara. Pancasila dijadikan dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," Jelasnya.


Dia mengajak kepada Pengurus PKK dan para Kader PKK Desa Sidaurip untuk membimbing dan membina putra-putrinya untuk menjadi generasi muda yang cerdas dan berwawasan kebangsaan serta Pancasulais agar dapat meneruskan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.


"Mereka adalah kader-kader pemimpin bangsa, sehingga apa yang saya sampaikan ini hendaknya dapat ditularkan kepada mereka, awasi dan jaga generasi kita jangan sampai terjerumus pada perilaku dan hal-hal yang merugikan dirinya maupun merugikan regenerasi bangsa," tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut,Kapten Inf Marjono juga memberikan gambaran terkait kondisi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini dan berbagai ancaman kedepan yang harus diantisipasi bersama khususnya pencegahan penyebaran Covid 19 yang mendunia. Dia menghimbau agar semua warga masyarakat membudayakan hidup bersih agar terhindar dari segala penyakit di tengah pandemi Covid 19 ini. 


" Rajin cuci tangan menggunakan sabun, selalu menggunakan masker, jaga jarak serta makan makanan yang bergisi " tandasnya


Hadir pada kegiatan tersebut Danramil10/Gandrungmangu Kapten inf Marjono, Kepala Desa Sidaurip Bambang Suprayitno, S.IP,  Ketua Penggerak PKK Desa Sidaurip Ny. Sri Widiningsih, Amd.Keb., dan Bidan Desa Puji Astuti, Amd.Keb.

Red/ Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot