Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/01/2020

PEMKAB TEGAL GENCAR LAKUKAN LANGKAH PREVENTIF TEKAN COVID-19


Slawi, JendelaindoPerkembangan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Tegal hingga saat ini sangat memprihatinkan . Pemerintah Kabupaten Tegal terus mengambil langkah-langkah komprehensif dan gencar melakukan upaya pencegahan.  Kegiatan masyarakat yang dapat mengundang kerumunan massjuga di larang dilaksanakan. 


Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Tegal Dra.Hj. Umi Azizah selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 saat menggelar konferensi pers dihadapan para awak media di Posko Gugus Tugas Kamis 1 Oktober 2020.  Konpers diselenggarakan  Dinas Kominfo dan disiarkan secara langsung di kanal youtube/pemkab.tegal.

Umi Azizah mengatakan, permasalahan melonjaknya kasus Covid 19 telah menjadi perhatian yang sangat serius oleh seluruh jajaran  Tim Gugus TugasLangkah preventif telah dilakukan yakni memberikan kelengkapan semua kebutuhan medis, menyiapkan rumah sakit rujukan, rumah sakidarurat,tempat karantina komunal. Tidak kalah pentingnya selalu melakukan tracking bagi setiap orang yang melakukan kontak erat dengan pasien yangg positif  sampai dilakukanya  Tes Swab.


Umi menambahkan, langkah untuk menekan penyebaran Covid 19 juga diterbitkan Perbup 62 Tahun 2020 tentang Peningkatan Displin dan Penerapan Protokol Kesehatan. Perbup yang efektif diberlakukan mulai tanggal 25 September 2020  mengatur mengenai sanksi administratif denda dan sanksi sosial bagi warga masyarakat yang melanggar protokol kesehatan..


Menurut Umi, langkah Pemkab Tegal dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19 sudah cukup maksimal namun demikian harus sinergi antara Tim Gugus tugas dengan masyarakat dalam upaya untuk melakukan langkah pencegahan.


Sebesar apapun denda yang di berikan pada masyrakat yang melanggar protokol kesehatan atau sekeras apapun sanksi sosial yang dijatuhkannya tanpa ada kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam beraktifitas dengan melakukan 3 M, makapenyebaran Covid 19 di Kabupaten Tegal sulit ditekan.”, kata Umi..


Oleh karena itu Bupati mengajak seluruh warga masyarakat dan awak media untuk terus disilpin dalam menerapkan protokol kesehatan dimanapun beraktifitas mengingat perkembangan kasus positif dibeberapa daerah telah meningkat cukup tajam.


Pemkab Tegal, Tandas Umi akan terus bergerak melakukan langkah-langkah terkait dengan rekomondasi ijin kegiatan masyrakat yang berpotensi mengundang kerumanan masaBupati akan memanggil langsung Camat dan kades setempat serta ketua panitia guna menjadwal ulang kegiatanya.


Terkait hal itu, pihaknya tidak ingin upaya Satuan Gugus Tugas dalam menekan penyebaran virus Covid 19 yang gencar dilakukan tidak membuahkan hasil maksimal karena mobilitas dan aktifitas masyarakat yang berpotensi mengundang kerumunan masa masih terus dilakukan dimasyarakat.


Lebih lanjut Bupati Tegal menghimbau pada seluruh warga masyarakaKabupaten Tegal untuk tetap tenang jangan takut tetapi tetap disilpin menerapkan protokol kesehatan. “Hindari kerumunan masa, biasakan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, hindari kontak langsung dengan orang laintanpa jaga jarak aman,” pungkasnya


Red/JI

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot