Pemkot Tegal Siapkan Dapur Umum untuk Penderita Isolasi Mandiri

Tegal, Jendelaindo - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal bersama TNI Polri menyiapkan dapur umum, untuk membantu warga Kota Tegal yang terkonfirmasi Corona Virus Disease (Covid) 19, yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi bersama Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo, dan Komandan Kodim 0712, Letkol. Inf. Sutan Pandapotan Siregar melepas bantuan tersebut yang pusatkan di Lapangan Tegal Selatan, Kamis (1/10).

Jumadi menyampaikan Pemkot Tegal bersama TNI Polri berkolaborasi untuk memberikan bantuan makanan untuk penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Pada siang hari ini Pemerintah Kota Tegal bersama TNI Polri berkolaborasi untuk memberikan bantuan makanan siap saji, yang disiapkan oleh Dinas Sosial, Relawan, BPBD bersama TNI Polri. Kita bantu mereka yang sekarang positif Covid-19, tetapi melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing," kata Jumadi

Dari dapur umum yang dipusatkan di lapangan Tegal Selatan kemudian bantuan makanan diantarkan langsung oleh Babinsa dari Kodim 0712 dan Babinkamtibmas Polres Tegal Kota ke masing-masing rumah penderita Covid-19 yang melakukan Isolasi mandiri.

Jumadi menjelaskan bahwa setiap hari disediakan 500 dus makanan, yang dibagi ke empat kecamatan, dan kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima hari kedepan.

Ia menambahkan, jumlah penderita yang melakukan isolasi mandiri di Kota Tegal berjumlah 100-an. Namun bantuan makanan tersebut tidak hanya diepruntukan untuk penderita saja, namun juga bersama keluarga. Sehingga Ia berharap jumlah 500 dus makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan penderita dan keluarganya.

Terkait tempat isolasi mandiri yang disediakan Pemerintah, Jumadi menjelaskan, pihaknya akan mengevaluasi, jika rumah penderita tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri, maka pihaknya sudah menyiapkan GOR Tegal Selatan sebagai tempat untuk melakukan isolasi mandiri.

"Kita akan mengevaluasi, jika diperlukan GOR Tegal Selatan sudah disiapkan untuk melakukan isolasi mandiri. Jika rumah dari penderita tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri, maka GOR Tegal Selatan akan digunakan untuk tempat isolasi mandiri," tutur Jumadi yang menyebut GOR Tegal Selatan mampu menampung 100 sampai 200 orang.


Red/Sholeh

Lebih baru Lebih lama