Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/01/2020

Danpusdiklatpassus Kopassus Secara Resmi Tutup Pendidikan Raider Angkatan XXVI TA 2020



Cilacap, Jendelaindo - Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua secara resmi menutup Pendidikan Raider Angkatan XXVI Tahun Ajaran 2020, bertempat di Lapangan Ksatriaan Amirul Isnaeni, Pusdiklatpassus Daun Lumbung, Jln Veteran, Tambakreja Cilacap, Selasa (1/12).

Sebanyak 300 siswa Pendidikan Raider Angkatan XXVI Tahun Ajaran 2020 secara resmi menyandang brevet, baret dan kualifikasi Raider yang ditandai dengan Upacara Penutupan, dipimpin langsung oleh Danpusdilatpassus Kopassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua selaku Inspektur Upacara dan  bertindak selaku Komandan Upacara (Dan Up) Danse Raider Mayor Inf Eka Wira.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, pihak Pusdiklatpassus Kopassus  membatasi undangan yang hadir dan keluarga siswa tidak diperkenankan memasuki tempat upacara untuk menghindari kerumunan. Selain itu penyematan brevet, pemasangan baret maupun pengalungan pita prestasi dilakukan sendiri oleh perwakilan siswa di hadapan Inspektur Upacara.

Tampak hadir, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han), Kadepumtiknik Pusdiklatpassus  Letkol Inf Sunardi, Kabagdik Pusdiklatpassus Letkol Inf Devi, serta para Perwira Staf terkait.

Dalam amanatnya, Danpusdiklatpassus Kopassus mengatakan selaku Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Kopassus mengucapkan "Selamat" atas keberhasilan para mantan peserta didik sekalian dalam mengikuti pendidikan ini.

"Semoga bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh, dapat terus dikembangkan serta dapat menjadi dorongan untuk lebih meningkatkan semangat dan tekad dalam rangka menyiapkan diri guna menyongsong tugas tugas yang diberikan oleh negara di
masa yang akan datang, "ucapnya.

Dengan bertambahnya kualifikasi Raider ini, maka para mantan peserta didik harus lebih siap dan mampu melaksanakan tugas khusus yang menjadi bagian dari perang atau pertempuran non konvensional. Hal tersebut sesuai dengan motto Prajurit Raider, yaitu mampu bergerak secara cepat, tepat dan senyap untuk mendekati, merebut menghancurkan sasaran.

"Pasukan Raider adalah salah satu pasukan elit infanteri yang mempunyai kemampuan lebih dibandingkan prajurit infanteri biasa, tentunya dengan dibekali ilmu yang khusus seperti operasi Raid, Mobil udara dan masih banyak kemampuan lainnya," katanya.

Kualifikasi Raider dengan tanda petir melambangkan bahwa prajurit Raider adalah prajurit yang mampu bergerak dan bertindak dengan cepat dan senyap di segala bentukmedan dalam pertempuran. 
Jadikan itu sebuah kebanggaan dalam hati dan diri para didik sekalian dalam mantan peserta pengabdian kepada negara dan bangsa.

"Oleh karena itu harapan saya, dan tentunya harapan kita semua, agar bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah di terima selama mengikuti pendidikan Pusdiklatpassus, bisa memberi manfaat dan meningkatkan kualitas kemampuan dapat sebagai seorang Prajurit Raider yang kuat, efektif, dan profesional," tegas Brigjen Thevi.


Red/ Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot