Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/09/2020

Dinas Pemuda Olah Raga Dan Pariwisata Kabupaten Tegal Terapkan E-Retribusi Tiket Di Objek Wisata Guci

Tegal,Jendelaindo-Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Pemuda Olah Rga dan Pariwisata (Porapar) , Menerapkan kebijakan Penarikan  Retribusi tiket masuk ke Kawasan objek wisata Guci dengan menggunakan sistem elektronik e-tiket untuk meminimalkan Kebocoran Penerimaan Retribusi  ditengah Pandemi Covid-19. 

Layanan Tiket E-Retribusi Masuk Obyek Wisata Guci  merupakan Sistim layanan pembayaran retribusi dengan menggunakan alat yang namanya envaoice untuk menarik pembayaran retribusi pada pintu masuk obyek wisata Guci dan tempat pemandian Air Panas Guci secara Transparan dan real time.

Demikian disampaikan Siti Fazillah  Kepala Bidang Pariwisata mewakili Kepala Dinas Porapar  Kabupaten Tegal didampingi Ahmad Abdul Khasib Kepala UPTD Pariwisata Guci dalam acara Talkshow   yang disiarkan secara Live di Studio Radio Slawi FM dan kanal Youtube pemkab Tegal pada Selasa 8 Desember  2020.

Menurut Siti Fazillah  kebijakan E-Retribusi Tiket merupakan Inovasi dari Dinas Porapar  untuk menghitung jumlah Retribusi yang masuk secara elektronik dari nominal besaran Retribusi Masuk Obyek wisata Guci Juga dan Tempat Pemandian Air Panas Tertutup yang dapat dipantau dan monitor oleh Atasan  setiap saat.   Kata Siti Fazillah.”.

Saat ini Layanan Retribusi Masuk Obyek Wisata Guci menggunakan e-tiket dimaksudkan untuk efisiensi, sehingga tidak perlu lagi mencetak tiket masuk dalam bentuk kertas. “Menggunkan e-tiket akan lebih praktis. Tidak perlu lagi karcis (dalam bentuk kertas),”  Ujar Siti Fazillah.

Di samping efisiensi, Siti Fazillah mengatakan penggunaan e-tiket juga dalam rangka menekan kebocoran. “Ini bagian dari transparansi dan menekan kebocoran. Semoga e-tiket ini nanti bisa digunakan  di obyek wisata lain seperti Objek Wisata Purwahamba Indah(Purin),  dan Waduk Cacaban,” harapnya..

Sementara itu, Kepala UPTD Pariwisata Guci Ahmad Abdul Khasib mengatakan sistem layanan E-tiketing ada dua acara, Pertama Ketika pengunjung datang Petugas dengan menggunakan alat Envoice  menggitung  Tarip Retribusinya dan struk retribusinya diberikan  pengunjung bayar Tunai secara otomatis tercatat di aplikasi.


lanjutnya, Kedua pembayaran non tunai, Sistem layanan ini dilakukan sama persis dengan Layanan pembayaran Tunai Namun pengunjung tidak membayar Retribusi menggunakan Uang fisik tetapi dengan Model Online pakai dompet Digital melalui laman resmi milik pemkab..  katanya.

Sistem Layanan Pembayaran E- Retribusi ini dilakukan untuk meminimalisir kerumunan Pengunjung sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Virus Covid 19, karena Petugas dan Pengunjung dalam pembayaran melalui  E-Retribusi tidak menggunakan Uang tunai, Pungkasnya.

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot