Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/02/2020

Kembangkan Jaringan Pemasaran IKM, Pemkot Gelar “Apik Banget Virtual Expo 2020”


Tegal,Jendelaindo – Untuk mengembangkan jaringan pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM), Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal menggelar “Asosisiasi Pengrajin Industri Kecil Menengah Mengembangkan Kota Tegal (Apik Banget) Virtual Expo 2020” di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Rabu(2/12).

“Dalam rangka upaya mengembangkan jaringan pemasaran melalui kerja sama dengan distributor ataupun pasar modern baik melalui jalur konvensional maupun pemasaran secara online,” ungkap Kepala Disnakerin Kota Tegal, Redemtus Heru Setyawan saat Pembukaan Apik Banget Virtual Expo yang dibuka oleh Asissten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, S.H., mewakili Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M.

Mengapa harus virtual expo?  Heru menjelaskan jika hal tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tegal Tahun 2019-2024. Yakni sebagai upaya mengembangkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif dan mendorong pelaku IKM kota Tegal mengenalkan produk unggulan melalui media digital. Tujuannya sebagai upaya untuk perluasan akses pemasaran, selain membangun kolaborasi dan sinergi antar pelaku IKM untuk maju dan sukses bersama.

Heru juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan mengimplementasikan Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bangkit Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Menurut Heru, Virtual Expo dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (2-3/12). 

Berbagai agenda telah disiapkan mulai dialog virtual “Memburu Potensi Bisnis Pelaku IKM” pada Rabu (2/11) dan pada Kamis (3/12) akan dilakukan dialog “IKM Kota Tegal tetap Produktif dan Kreatif di Era New Normal”. Tak lupa dimasa Pandemi Covid-19 ini, untuk mencegah penularan Covid-19bazar-bazar di Apik Banget Virtual Expo 2020 diberlakukan Pandemic Safety-Based Bazaar (PSBB).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui produk yang dipamerkan, Disnakerin sudah menyiapkan wadah bagi IKM agar masyarakat yang ingin melihat langsung produk-produk IKM bisa langsung mengakses http://bit.ly/e-catalogvirtualexpo.
Sementara, dalam sambutan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono yang dibacakan oleh Asissten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, S.H., menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan IKM Virtual Expo. 

“Apik Banget Virtual Expo ini akan menjadi wadah yang sangat penting bagi semua produsen, distributor dan konsumen bahkan para vendor atau jasa pelayanan teknis peralatan pendukung UMKM dan IKM,” tutur Wali Kota.  

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, yang tersambung dalam Dialog Interaktif melalui aplikasi Zoom Meeting juga berpesan agar pelaku IKM jangan patah semangat, dimasa pandemi ini semua pelaku IKM harus pandai mencari peluang dan jangan mau ketinggalan dengan melakukan digitalisasi pemasaran. 

Dalam Apik Banget Virtual Expo 2020 tersebut, menampilkan produk-produk 50 pengrajin Industri Kecil Menengah (IKM) kota Tegal, yang dibagi kedalam 5 zona, yakni, zona Craft, Kriya dan Aneka yang mewadahi 9 IKM, Zona Fesyen dan Tekstil yang mewadahi 11 IKM, Zona Logam dan Furniture yang mewadahi 7 IKM, Zona Minuman dan Herbal yang mewadahi 7 IKM, Zona Produk Pangan yang mewadahi 16 IKM. 

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot