Aksi Protes Penghuni Rusunawa Kraton Kota Tegal Yang Belum Siap Dipindahkan

(Penghuni Rusunawa Kraton Saat Melakukan Protes/Dok,Foto,Arief Ferdianto)

Tegal, Jendelaindo - Aksi Protes warnai Puluhan Penghuni Rumah Susun Warga (Rusunawa) Kraton yang berada di Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal Jawa tengah,minggu 28/02/21 Siang.


Aksi protes tersebut disebabkan para penghuni Rusunawa yang merasa belum siap, lantaran hempitan ekonomi dimasa pandemi yang membuat mereka bingung untuk pindah ketempat lain.


Keluarga yang mendiami Rusunawa Tersebut adalah mereka yang berpenghasilan menengah kebawah dan rata2 asli dari warga kota tegal.


(Barang Milik Penghuni Rusunawa Yang Dikosongkan/Dok,Foto,Arief Ferdianto)

Rusunawa kraton tersebut terdiri dari 3 bangunan, yaitu Blok A, B dan C serta terdiri 5 lantai dan berjumlah 296, Untuk harga sewa perbulanya sendiri berdeda beda, untuk lantai 1 dan 2 adalah Rp.120.000, lantai 3 Rp.110.000, lantai 4 Rp.100.000 dan lantai 5 Rp.90.000.


Nantinya Rusunawa tersebut tetap digunakan oleh masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah, disamping itu harga sewa yang relatif murah, pemkot tegal pun berupaya agar warganya bisa menabung dan dapat membeli rumah yang mereka inginkan.


(Barang Milik Penghuni Rusunawa Yang Dikosongkan/Dok,Foto,Arief Ferdianto)


Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rusunawa Kraton, "Puji Arto Angkat bicara terkait dalam hal tersebut Pengosohan Sejumlah 22 Penghuni Tersebut disebabkan karena masa kontrak yang sudah habis, dan 7 diantara mereke sudah kelaur secara mandiri, mereka menghuni sudah 7 tahun lamanya, yang dimana masa kontrak tersebut adalah 6 tahun, dan dari pihak pemkot sendiri sudah memberikan kompensasi waktu selama 1 tahun.


Saya bingung harus kemana, lantaran finansial yang belum cukup untuk memberi rumah, apa lagi dimasa pandemi Covid 19 seperti ini, saya berharap Walikota Tegal dapat memberikan kebijakan untuk memberikan waktu pada penghuni di Rusunawa Kraton, untuk pembayaran sewa saya tidak pernah telat.Ujar, Domiri Penghuni Rusunawa Kraton


Red/Arf

Lebih baru Lebih lama