Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

2/25/2021

Dinas Kominfo Selenggarakan Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan




Tegal,Jendelaindo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal di tahun anggaran 2021 ini akan menyelenggarakan “Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan”. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dessy Arifianto mengatakan, maksud diadakannya lomba ini adalah untuk mensosialisasikan program – program kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tegal kepada seluruh masyarakat melalui konten – konten yang menarik.  Jadi video yang dikirim harus kreatif, inspiratif dan mengedukasi. 

Sedangkan tujuan  lomba ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya generasi muda  yang menyukai dunia akting, film, dan sinematografi  untuk berkreatifitas  sekaligus memahami program – program pembangunan pemerintah daerah. Harapanya dengan adanya lomba ini, generasi milenial yang selama ini hanya membuat konten video selfi atau eksistensi diri, bisa  mengajak mereka untuk berpikir kreatif, inovatif, menginspirasi dan mengedukasi  masyarakat lain,  mengetahui program pembangunan pemerintah melalui ide – ide pembuatan konten video.


Menurut Dessy Arifianto yang kegiatan lomba rencananya diselenggarakan 3 kali selama tahun 2021. Akan mengangkat 9 tema program pembangunan sesuai dengan Rancana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tegal tahun 2021. “Untuk sesi pertama bulan saat  ini, ada tiga sub tema yang diangkat yaitu  sub tema  Cegah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh dan Desa Merdeka Sampah”, katanya didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kusnianto Kamis 25/2/2021 . 

Dijelaskan,  kontens video Cegah Covid-19 antara lain bisa berisi tentang Pelaksanaan Protokol Kesehatan, Program Vaksinasi atau bisa juga video tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) skala Mikro.  Video Pembelajaran Daring mengandung unsur antara lain bagaimana upaya masyarakat atau peserta didik didukung orang tua  tetap semangat belajar secara mandiri melalui proses pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi. Kontens video Desa Merdeka Sampah dapat bersisi  bagaimana menginspirasi dan mengedukasi penanganan dan pengurangan sampah dari skala kecil (rumah tangga), RT, RW,  sampai ke tingkat desa.

Dessy menambahkan durasi maksimal video adalah 3 menit. Peserta bebas menggunakan alat apapun untuk pengambilan gambar maupun editing video (Kamera DSLR, Handycam, HP). Lomba konten video ini yang dikhususkan untuk warga Kabupaten Tegal.  Bahasa pengantarnya atau dialog nya  ini boleh menggunakan Bahasa Indonesia, dan Bahasa Tegal. Namun jika ada yang menggunakan Bahasa Tegal, atau Bahasa Asing,  wajib mencantumkan terjemahannya kedalam Bahasa Indonesia. 

Peserta lomba harus kelompok, bukan perorangan. Kelompok dapat berasal dari organisasi formal maupun non formal, pelajar, mahasiswa, pemuda, OSIS, pramuka, komunitas, sekolah, perguruan tinggi, masyarakat umum, maupun gabungan – gabungan dari berbagai unsur kelompok. Peserta Lomba hanya boleh mengirimkan 1 video untuk 1 Sub Tema saja. Jadi maksimal satu kelompok peserta hanya boleh  mengirimkan 3 video untuk sub tema yang berbeda - beda. 

Khusus  Organisasi Perangkat Daerah seperti Dinas, Badan, Kantor ,  Lembaga Pemerintah  dan Aparatur Sipil Negara ( atau ASN) tidak boleh mengikuti lomba ini.

Dessy Arifiyanto menambkan, video yang dikirim ke panitia merupakan karya asli, orisinil, belum pernah dipublikasikan, belum pernah menjadi juara sebelumnya. Video juga tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, politik, dan juga tidak melanggar aturan hukum yang berlaku.  

Panitia menyediakan total hadiah 22,5 juta rupiah untuk tiga sub tema . Masing – masing sub tema akan dipilih 3 terbaik untuk mendapatkan hadiah uang pembinaan dan sertifikat.  Cara mengikuti lomba ini sangat mudah, unggah Video Konten yang sudah jadi ke Google Drive, kemudian kirim link Google Drive-nya ke email : event@kominfo.go.id dengan dilampiri Formulir yang sudah disiapkan panitia. Video  harus  sudah  masuk  ke   email   panitia   paling   lambat   tanggal  23 Maret 2021. “Bagi yang ingin mengikuti Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan, silahkan klik http://s.id/LkontenKreatif (perhatikan huruf besar kecilnya)” , pungkasnya. 

Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot