Pantau Operasi Yustisi, Dandim Cilacap Edukasi Warga Yang Melanggar


Cilacap,Jendelaindo
- Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP mendampingi Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dalam rangka Sosialisasi dan pemantauan Operasi Yustisi (Operasi Masker) penegakan Perda No.5 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit (Covid-19) bertempat di depan SMP N 6 Cilacap, Jalan Rinjani, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (2/2/21).

Turut hadir dalam kegiatan, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC., M.S, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Saiful Musta'in, Kabagops Polres Cilacap Kompol Ahmad Ghifar Al Akhfaqsi, S.H., Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H, Kasatpol PP Cilacap Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si dan perwakilan Dishub Cilacap Wuyung, S.P.

Seperti diketahui, Tim Satgas Covid Kabupaten Cilacap yang terdiri dari personel gabungan dari Denpom, Kodim, Lanal, Polres, Satpol PP, Dishub, Linmas dan anggota Damkar Cilacap terus meningkatkan kegiatan Operasi Yustisi di berbagai tempat. 

Dalam kegiatan ini, Tim Satgas Covid mendapat pantauan langsung dari Ketua Satgas Covid Kabupaten dalam hal ini Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji didampingi para Wakil Ketua Satgas termasuk didalamnya Dandim Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP.

Dalam kesempatan itu, Dandim yang turut memantau langsung jalanya Operasi Yustisi melihat ada seorang warga yang melanggar karena kedapatan tidak memakai masker. Didampingi Bupati, Dandim dengan santun memberikan edukasi dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah dalam hal ini Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Cilacap tentang upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan menegakan protokol kesehatan.

"Kami bersama Pemerintah Kabupaten dan segenap aparat lainya saat ini sedang gencar melakukan pendisiplinan prokes, jadi warga boleh-boleh saja melaksanakan aktifitas baik bekerja, berdagang atau lainya  namun ingat protokol kesehatan harus dilaksanakan," katanya

Lebih lanjut dia menegaskan, "Termasuk lingkungan kerjanya juga harus diedukasi agar paham penerapan protokol kesehatan. Kami menghimbau kepada seluruh warga agar dengan sadar, patuh dan menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalur," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Cilacap beserta rombongan juga meninjau pelaksaan penerapan Protokol Kesehatan di lingkungan SMP N 6  Cilacap.

Dia menjelaskanbahwa hari ini adalah penegakan Operasi Yustisi untuk suksesnya PPKM yang berjalan sampai tanggal 8 Pebruari 2021, bagaimana Cilacap menuju ke Zerro bebas Covid dan ini berjalan serentak di tiap tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap untuk menegakkan Perda No 5 dan PPKM di Cilacap harus berjalan sukses.

"Sesuai dengan perintah Bapak Gubernur Jawa Tengah bahwa nanti tanggal 7 sampai 8 Pebruari 2021 untuk di rumah saja (Jawa Tengah di Rumah Saja), kita lihat saja nanti pelaksanaannya, kegiatannya dan efektifitasnya seperti apa, ini sangat penting jadi bukan hari ini saja operasi seperti ini, tapi ini harus dilaksanakan setiap hari," jelas Tatto.


Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama