Brebes Sediakan Lahan Untuk Pembangunan Rumah Sehat Baznas


Brebes,Jendelsindo - 
Pemerintah Kabupaten Brebes telah menyediakan lahan untuk pembuatan Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (RSB).  Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH saat menerima Direktur RSB Pusat Jakata dan Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah KH Dr Ahmad Darodji di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (25/5).  

“RSB ini, akan membawa manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Kabupaten Brebes, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Maka Pemkab akan menyediakan lahan guna pembangunan RSB,” tutur Idza.

Lahan seluas lebih kurang 4.000 meter persegi di area kompleks Islamic Center tersebut akan dibangun RSB. Pemkab menyediakan lahannya saja , sedangkan pembangunanya menjadi urusan Baznas Pusat.

Rumah Sehat Baznas (RSB) merupakan program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahik. Termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif serta mengikuti peraturan dan perundang-undangan kesehatan di Republik Indonesia. 

Turut menerima kunjungan Direktur RSB Pusat dr Reza Ramadhan, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji, Ketua Baznas Brebes Abdul Haris SAg, Kepala Bagian Kesra Setda Brebes Ahmad Ma’mun, serta beberapa OPD terkait lainya.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah KH Ahmad Darodji menyampaikan rasa bahagia mengingat RSB yang akan di bangun di Brebes merupakan RSB pertama yang ada di Jawa Tengah. RSB merupakan partisipasi dan kontribusi Baznas terhadap masyarakat. Sebagai Ketua Baznas Provinsi, dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Brebes yang selalu mendukung Baznas.

Sementara Direktur RSB Pusat dr Reza Ramadhan menjelaskan, RSB yang akan dibangun di Brebes bentuknya adalah Klinik Pratama atau Utama seperti yang sudah dibangun di sembilan daerah lain seperti Sidoarjo, Pangkalpinang, Makasar, Kota Palu, Berau dan Jakarta.

“RSB berupaya meningkatkan kualitas hidup atau kesehatan mustahik, tapi bukan hanya melayani segi pengobatan saja. RSB juga melakukan pemberdayaan yang bekerja sama dengan lembaga program pemberdayaan peternak, lembaga program pemberdayaan ekonomi. dan Lembaga program tanggap bencana,” tegasnya.

Ditargetkan dalam dua tahun mendatang, RSB Brebes bisa berdiri sehngga bisa secepatnya memberikan sumbangsih kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Brebes. 

Sekda Brebes Djoko Gunawan, menambahkan, di RSB Brebes juga akan dibangun Kantor Baznas Brebes karena saat ini masih menggunakan bangunan milik Pemprov Brebes, di Jalan Ahmad Yani Brebes.

Wartawan : Krisna
Lebih baru Lebih lama