JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Kedubes Rumania Kunjungi Kantor Pusat BMKG


Jendelaindonews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Koordinator Bidang Kerjasama, Anni Arumsari Fitriany beserta jajaran berkesempatan menerima perwakilan dari kedutaan besar Rumania di Jakarta. Kegiatan ini dalam rangka tindak lanjut dari surat Duta Besar Republik Indonesia di Bucharest Rumania kepada Kepala BMKG terkait peluang Kerjasama dan Investasi di Bidang Teknologi Modifikasi Cuaca.Selasa (25/05/2021).

Indonesia dikenal sebagai supermarket bencana dikarenakan banyaknya potensi bencana yang terjadi. sehingga BMKG mempunyai peranan yang penting dalam mendesiminasikan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat melalui berbagai macam media sebagai bentuk antisipasi atau mitigasi terhadap bencana.

Anni Arumsari yang juga hadir mewakili Kepala BMKG berkesempatan memberikan paparan serta penjelasan secara umum tentang BMKG serta kondisi dan Potensi Bencana di Indonesia kepada para perwakilan delegasi. Khususnya terkait bencana yang menjadi fokus penanganan oleh BMKG selama ini seperti Gempa Bumi dan Tsunami, Tanah Longsor, Banjir, dan kekeringan.

Pihak perwakilan Kedutaan Besar Rumania yang diwakili oleh Mr. Niculae Tanase selaku State Secretary of Ministry of Public Works, Development and Administration juga sangat menyambut baik atas sambutan hangat dan ramah yang diberikan oleh BMKG kepada mereka. Tanase menambahkan bahwasanya Ia sudah bisa melihat Kompleksitas Bencana di Indonesia sehingga berharap Kerjasama antara Pemerintah Rumania dan negara di Asia Tenggara Khususnya Indonesia (BMKG) bisa terjalin dan terwujud dengan baik.

Lebih Lajut Ia mengatakan bahwa potensi dan Kontribusi Indonesia sangat besar dalam penanganan Bencana, khususnya bencana kekeringan di Indonesia. Sehingga kemungkinan untuk peluang kerjasama sangatlah terbuka dan mereka akan mengirimkan ahli untuk melakukan diskusi lebih lanjut dengan BMKG.

Di akhir diskusi dan paparan, Pihak perwakilan kedutaan besar Rumania lainnya yang terdiri dari Mr. Emil Sirbu selaku Designated Indonesian Honorary Consul in Constanta, Romania, Ms. Arindya Anindita selaku Fungsi Politik KBRI Bucharest, dan Mrs. Andreea Rusu selaku Interpreter berkesempatan mengunjungi Ruang Operasional Meterologi untuk melihat cara kerja satelit dan juga citra radar yang dimiliki oleh BMKG.

Editor : Arief Ferdianto
Lebih baru Lebih lama