Kedubes Rumania Kunjungi Kantor Pusat BMKG


Jendelaindonews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Koordinator Bidang Kerjasama, Anni Arumsari Fitriany beserta jajaran berkesempatan menerima perwakilan dari kedutaan besar Rumania di Jakarta. Kegiatan ini dalam rangka tindak lanjut dari surat Duta Besar Republik Indonesia di Bucharest Rumania kepada Kepala BMKG terkait peluang Kerjasama dan Investasi di Bidang Teknologi Modifikasi Cuaca.Selasa (25/05/2021).

Indonesia dikenal sebagai supermarket bencana dikarenakan banyaknya potensi bencana yang terjadi. sehingga BMKG mempunyai peranan yang penting dalam mendesiminasikan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat melalui berbagai macam media sebagai bentuk antisipasi atau mitigasi terhadap bencana.

Anni Arumsari yang juga hadir mewakili Kepala BMKG berkesempatan memberikan paparan serta penjelasan secara umum tentang BMKG serta kondisi dan Potensi Bencana di Indonesia kepada para perwakilan delegasi. Khususnya terkait bencana yang menjadi fokus penanganan oleh BMKG selama ini seperti Gempa Bumi dan Tsunami, Tanah Longsor, Banjir, dan kekeringan.

Pihak perwakilan Kedutaan Besar Rumania yang diwakili oleh Mr. Niculae Tanase selaku State Secretary of Ministry of Public Works, Development and Administration juga sangat menyambut baik atas sambutan hangat dan ramah yang diberikan oleh BMKG kepada mereka. Tanase menambahkan bahwasanya Ia sudah bisa melihat Kompleksitas Bencana di Indonesia sehingga berharap Kerjasama antara Pemerintah Rumania dan negara di Asia Tenggara Khususnya Indonesia (BMKG) bisa terjalin dan terwujud dengan baik.

Lebih Lajut Ia mengatakan bahwa potensi dan Kontribusi Indonesia sangat besar dalam penanganan Bencana, khususnya bencana kekeringan di Indonesia. Sehingga kemungkinan untuk peluang kerjasama sangatlah terbuka dan mereka akan mengirimkan ahli untuk melakukan diskusi lebih lanjut dengan BMKG.

Di akhir diskusi dan paparan, Pihak perwakilan kedutaan besar Rumania lainnya yang terdiri dari Mr. Emil Sirbu selaku Designated Indonesian Honorary Consul in Constanta, Romania, Ms. Arindya Anindita selaku Fungsi Politik KBRI Bucharest, dan Mrs. Andreea Rusu selaku Interpreter berkesempatan mengunjungi Ruang Operasional Meterologi untuk melihat cara kerja satelit dan juga citra radar yang dimiliki oleh BMKG.

Editor : Arief Ferdianto
Lebih baru Lebih lama