Satgas Jogo Tonggo Kecamatan Kawunganten Pantau 1 Keluarga Yang Melaksanakan Isolasi Mandiri

Cilacap,Jendelaindo - Program "Jogo Tonggo" yang digulirkan Pemprov Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu ditujukan untuk mengajak warga masyarakat, peduli dan saling menjaga tetangga dari ancaman Covid-19. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap dalam meminimalisir Penyebaran Covid-19 di wilayahnya. 


Termasuk Kodim 0703/Cilacap dan Jajarannya. Selaku Tim Satgas Penanganan Covid-19, terus gemborkan "Jogo Tonggo" terhadap warga terkonfirmasi Covid-19 yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di wilayahnya. Salah satunya di wilayah Kecamatan Kawunganten, jogo tonggo dilakukan kepada satu keluarga di Dusun Sidamulya RT 01/04 Desa Ujungmanik, Senin (24/5/21).


Kegiatan jogo tonggo diikuti oleh Tim Satgas Covid 19 Kecamatan Kawunganten diantaranya Kasi Trantibum Suroso, S.I.P, Babinsa Koramil 09 Kawunganten Serma Sugiyanto, Ps. Kanit IK Polsek Kawunganten Aipda Yunta Mustofa, SH, Kepala Desa Ujungmanik Sugeng Budiyatno, Bidan Desa Ujungmanik Haryati, A.Md.Keb dan Ketua RT 01/04.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk jaring pengaman sosial dan keamanan lainnya dimana pelaku isolasi mandiri diharuskan tidak melakukan aktifitas lainnya di luar rumah, menumbuhkan kepedulian dan membangun kesadaran warga dalam mencegah penularan Covid-19. 


"Hal ini terbukti berbagai bantuan datang baik berupa sembako dan bantuan lainnya. Dalam kegiatan ini, kita bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kawunganten juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," kata Babinsa Serma Sugiyanto.


Menurutnya, pendekatan ini dinilai lebih tepat ketimbang pembatasan sosial berskala besar khususnya di tingkat pedesaan. Satgas Jogo Tonggo yang terbentuk ini nantinya ditempatkan di setiap RW untuk menjaga dan melakukan pemantauan kepada tetangga masing-masing. Tugas anggota gerakan ini juga memastikan bantuan dan dukungan dari luar wilayah yang masuk ke daerahnya tepat sasaran dan tepat guna," Pungkasnya.

Red/JI

Lebih baru Lebih lama