Rapat Paripurna Terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ciamis TA 2020

Ciamis, jendelaindo - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra hadiri rapat paripurna laporan penyampaian hasil pembahasan dan penelitian komisi - komisi terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.
Paripurna tersebut dilaksanakan secara virtual di Aula Sekertariat Daerah Kabupaten Ciamis dan juga digelar di ruang rapat paripurna DPRD Ciamis. 15/07/2021.

Dalam laporan pembahasan dan penelitian yang telah dilakukan DPRD Ciamis semuanya berubah menjadi Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 menjadi Peraturan Daerah ( Perda ).

Terkait hal tersebut, Wabup menyambut baik atas putusan yang telah ditetapkan. Keputusan bersama ini merupakan upaya konkrit mewujudkan Good Goverment dalam pengelolaan keuangan daerah. Ujar Yana.

" Terima kasih juga penghargaan setinggi -  tingginya. Saya berikan kepada Anggota DPRD Ciamis terutama Badan Anggaran DPRD yang telah bekerja keras hingga disahkannya Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 ". Tambahnya.

Yana jelaskan, berbagai masukan dan koreksi yang disampaikan setiap komisi DPRD Ciamis dalam pembahasan Raperda tersebut akan menjadi perhatian serius usulan. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengelolaan keuangan kedepannya.

Kita berkomitmen menyelenggarakan pemerintah yang bersih, termasuk dalam pengelolaan keuangan untuk mewujudkan Ciamis Mandiri ekonomi dan sejahtera untuk semua. Katanya.

Selain itu, lanjut Yana, dalam meningkatkan potensi pendapatan daerah khususnya disektor pajak dilakukan dengan pemutakhiran data objek pajak serta subjek pajak yang diluncurkan. Terangnya.

" Dalam meningkatkan sektor retribusi daerah kami melakukan melalui peningkatan pengendalian dan pengawasan serta penataan regulasi dan perkembangan retribusi daerah. Jelasnya.
Selain daripada itu, dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah akan terus melakukan pelatihan dan bimbingan teknis. Jelas Yana.

Kita fokus dengan konstitusi kompeten dirinya dalam meningkatkan SDM pengelolaan retribusi daerah. Tambahnya.
Dengan demikian, masih kata Yana, untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak, Pemkab Ciamis telah melakukan sosialisasi secara otomatis. Sosialisai dilakukan secara langsung maupun lewat media cetak agar dapat tersampaikan kepada wajib pajak.

Yana sebutkan, terkait Belanja Daerah Pemkab Ciamis melakukan peningkatan yang berorientasi pada penigkatan kualitas hidup. Belanja modal daerah juga berupaya mendorong hasil produksi dunia usaha di Kabupaten Ciamis. 

" Kita membangun sistem aplikasi perencanaan , pembangunan serta pengelolaan keuangan daerah. Aplikasi ini berprinsif sistematis dan terintegrasi mulai dari perencanaan hingga pengelolaan keuangan daerah ". Pungkasnya.

Wartawan : Prayudi
Lebih baru Lebih lama