Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/19/2021

Dinas Peternakan Ciamis Sosialisasi Bahaya AMR Pada Peternak Ayam Petelur

Kabupaten Ciamis, jendelaindo - Dalam meminimalisir kasus Anti Microbial  Resistance ( AMR ) pada telur ayam, dengan demikian Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis sosialisasikan program Gerakan Ngadorong Warga Hirup Gaya Sehat ( Gedor Waruga ) terhadap para pelaku peternak ayam petelur bertempat diruang pertemuan Kantor Dato Farm Cigebot Cipaku Ciamis. 19/08/2021.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarif Nurhidayat sampaikan, agenda sosialisasi " Gedor Waruga " dilakukan sebagai inovasi atau proyek perubahan dalam mempersiapkan masyarakat Kabupaten Ciamis untuk memiliki gaya hidup sehat. 

Program ini simple, yaitu program untuk hidup sehat dalam mengelola peternakan dan perikanan dengan benar. Ujar Syarif.

" Kami tidak bisa berjalan sendiri meski terlihat sederhana. Hingga membutuhkan bantuan dari semua pihak termasuk masyarakat, pengusaha, peternak ayam dan ikan dalam mewujudkan program ini ". Katanya.

Sementara itu, Ketua Produsen Peternak Ayam Telur Ciamis ( P2ATC ) H. Otong katakan, ada rencana dalam 2 tahun ini upaya untuk melakukan pembiasan hidup sehat dalam usaha peternakan.

P2ATC menyambut baik program yang dimiliki Dinas Peternakan dan Perikanan serta siap medukung dan mempersembahkan data terkait dengan ayam yang ada dibawah organisasinya. Kata H Otong.

Kepala Seksi Kesmavet  drh. Asri Kurnia menambahkan, menjadi pekerjaan rumah kita bersama dalam upaya penyediaan pangan yang sehat. 

Penyediaan pangan yang sehat termasuk bijak dalam pemberian antibiotik pada peternakan ayam yang mana hanya ayam yang hanya membutuhkan antibiotik yang diberikan antibiotik tersebut. Jelasnya.

Hal ini dilakukan agar kita mampu mengendalikan sedari dini untuk kemungkinan besar AMR atau keadaan tubuh yang resisten terhadap suatu antimikroba dan ini sangat membahayakan kesehatan manusia.
AMR tidak bisa dikendalikan, pengendalian tersebut hanya dapat dikendalikan bersama. Pungkasnya.

Wartawan : Prayudi

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot