Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, August 24, 2021

Ketentuan Pemberlakuan PTM di Kabupaten Ciamis

Kabupaten Ciamis, jendelaindo - Gelaran Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) di Kabupaten Ciamis akan dimulai pada awal bulan September mendatang.
Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada Rapat Koordinsi yang diikuti Camat, Korwil Pendidikan serta Kepala Sekolah mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP hingga SMA secara virtual. 24/08/2021.

Kabupaten Ciamis saat ini kondisi berada di level 3, dimana sesuai dengan Peraturan Mendagri Nomor 80 Tahun 2021 ; kategori daerah yang berada di level 3 dapat melaksanakan PTM atau daring sesuai dengan kondisi daerah. Dengan artian, PTM dilakukan secara terbatas. Ujarnya.

" Permendagri No 30 dan 34 menjelaskankan, bahwa PTM dapat dilaksnakan secara terbatas, yang artinya kita akan melihat zonasi - zonasi di tingkat sekolah dan tingkat Kecamatan ". Jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa Kabupaten Ciamis mempunyai penilaian atau level untuk setiap Kecamatan berdasarkan level 3 dan 4.

Kita mohon maaf tidak akan merekomendasikan PTM secara langsung dari level 3 dan 4. Namun, yang berada di level 2 dan 1 kita akan uji coba PTM secara langsung. Kata Herdiat.

PTM secara langsung yang berdasarkan Permendagri No 30 dan 34 sebetulnya hari ini sudah dapat dilaksanakan PTM secara tatap muka.

" Namun, belum sepenuhnya ada kesiapan, kita akan perpanjang kesiapan selama 1 minggu kedepan mulai akhir 31 Agustus , kita akan melaksanakan PTM secara langsung di Zona tertentu ". Terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat menjelaskan, alasan pembelajaran diperpanjang 1 minggu kedepan sebagai langkah persiapan seluruh sekolah upaya mensterilisasi sekolah yang sekolahnya digunakan sebagai tempat isolasi terpusat di setiap Kecamatan. Katanya.

Lebih lanjut Asep katakan, selain daripada itu, kebersihan sekolah, penyediaan protokol kesehatan, verifikasi guru yang sudah di vaksin serta pembentukan Satgas Civid19 di sekolah.

Asep sampaikan, berdasarkan hasil pantauan, terkait persiapan ini ada beberapa sekolah yang belum siap.
" Tentunya kita perlu menata, mereview juga mengevaluasi kembali terutama daerah - daerah yang masuk kepada level 4, 3 dan 2 untuk mempersiapkan PTM secara langsung ". Jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Ciamis dr Yoyo menyampaikan, sangat setuju dan mendukung dengan diberlakukan PTM secara langsung sesuai zonasi.

Terkait persiapan setiap sekolah, disarankan selain guru yang harus sudah di vaksin. Kemudian para siswa dan siswi seluruhnya dapat melaksanakan vaksinasi di daerahnya masing - masing. Terang dr. Yoyo.

Selain kesiapan lainnya, kata dr. Yoyo, sarana prasarana yang memadai, pembentukkan Satgas Covid19 di sekolah hingga ketersediaan protokol kesehatan. Harapnya.

News Update

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman