JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Giliran Warga Miskin Kecamatan Bulakamba Diberi Kail Baznas

Brebes,Jendelaindo - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Brebes memberikan kembali kail penggentasan kemiskinan berupa Pelatihan Kewirausahaan. Kali ini giliran warga Kecamatan Bulakamba yang diberi Pelatihan Kewirausahaan bagi warga miskin ekstrem. Mereka berasal dari Desa Kluwut, Cipelem, Pakijangan, Luwungragi dan Rancawuluh di Aula Kantor Kecamatan Bulakamba, Kamis (18/11).

Pelatihan dibuka Wakil Bupati Narjo yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan pemberian alat-alat ketrampilan. Narjo mengatakan, Pelatihan Tata Boga dan cetak sablon sangat tepat diberikan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Mengingat kedua keterampilan tersebut memiliki prospek cerah jika serius dikembangkan.

“Yang mau hajatan atau mau bikin acara yang mengundang banyak orang membutuhkan konsumsi. Juga cetak undangan, bikin seragam membutuhkan cetak sablon. Jadi kalau punya keahlian bikin kue dan cetak sablon, otomatis ada peningkatan pendapatan keluarga,” ucap Narjo

Narjo berharap, pelatihan bisa diikuti dengan serius, jangan malu bertanya kepada narasumber jika belum jelas. Dan manfaatkan bantuan alat tersebut jangan hanya disimpan saja, karena bisa digunakan sebagai modal usaha.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) H Abdul Haris mengatakan, pelatihan kewirausahaan untuk membantu Pemeritah Kabupaten Brebes dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui Zakat Produktif yang dikelola Baznas.

Haris menandaskan, program pelatihan diikuti 50 peserta dari 5 desa kemiskinan ekstrem di Kecamatan Bulakamba. Masing-masing peserta diberi seperangkat alat produksi sesuai dengan pelatihan. Diharapkan peserta bisa membuka usaha di lingkungan tempat tinggalnya masing masing.

Abdul Haris berharap mereka yang mengikuti pelatihan nantinya memiliki keahlian yang dapat dijadikan modal usaha guna meningkatkan taraf hidup. Sehingga predikat Miskin Ekstrem dapat ditinggalkan dan kedepan seluruh masyarakat Brebes menjadi sejahtera.

Camat Bulakamba Sugeng Basuki juga menyampaikan ucapan terima kasih yang besar kepada Baznas yang sudah perduli dalam pengentasan kemiskinan di Kecamatan Bulakamba. Atas bantuan Baznas kepada warganya, bisa memberikan peluang peningkatan ekonomi melalui bekal pelatihan dan bantuan alat produksinya.

Sugeng berharap setelah mengikuti pelatihan mereka akan mampu memanfaatkan ilmu yang didapat, guna mengambil peluang usaha yang bisa meningkatkan penghasilan.

Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama