Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

5/11/2023

UPT Bahasa UNU Purwokerto, Gelar Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2023

Banyumas, Jendelaindo - Unit Pelaksana Teknis Bahasa, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menggelar Pemilihan Duta Bahasa tingkat Universitas, di aula PC NU Kabupaten Banyumas, pada Kamis (11/05/2023).

Pemilihan Duta Bahasa tingkat Universitas diikuti 60 peserta dari berbagai prodi UNU Purwokerto, dihadiri Wakil Rektor I, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor III, Dr. Ir. A.H. Syaeful Anwar, M.Si., dan tamu undangan, serta hadir melalui zoom meet Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr.Syarifuddin, M.Hum.

Ketua panitia pelaksana Pandu Perdana Putra, S.Pd, dalam laporannya menyampaikan, terima kasih kepada semua pihak dan mohon maaf atas semua kekurangan disana-sini dalam pelaksanaann pemilihan Duta Bahasa.

"Duta Bahasa adalah merupakan ajang pemilihan figur generasi muda yang bertugas untuk kampanye dan sosialisasi penggunaan bahasa, baik Bahasa Nasional maupun Bahasa Internasional dengan baik dan benar serta santun," kata Pandu.

Pandu, menambahkan bahwa kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam berbahasa, serta sportif jiwa yang berkualitas, dan ajang penjajagan UPT Bahasa dan tim dalam penyelenggaraan event-event bertujuan untuk mengaktualisasikan peran UPT Bahasa di UNU Purwokerto.

"Penilaian lomba meliputi kecakapan berbahasa, wawasan kebangsaan, aspek etika, setiap peserta mahasiswa jadi lebih berkarya dan dapat membanggakan kampus UNU Purwokerto," ungkap Pandu.

Dikesempatan itu, Kepala UPT Bahasa UNU Purwokerto, M. Happy Nur Tsani, S.Pd., M.Pd. menyampaikan UPT Bahasa mengemban tugas untuk menjawab adanya isu kecil seperti kesantunan Bahasa yang kian hari kian menurun sampai isu besar globalisasi, yang perlu disiapkan dengan eksplorasi bahasa asing. 

"Duta Bahasa, menjadi Agent Of Change kesadaran Bahasa, dan membuka gerbang networking dan banyak opportunity baru ke depannya," tandanya.

Dikesempatan yang sama Rektor UNU Purwokerto yang kehadiranya diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Ir. A.H. Syaeful Anwar, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih dan ungkapan rasa kebanggaannya kepada panitia dan juga UPT Bahasa.

”Tolong binalah semua peserta, bisa berkompetisi di tingkat Provinsi, karena Duta Bahasa adalah bagian promosi UNU Purwokerto, agar bisa go lnternasional," harapnya.

Sebelumnya Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum, dalam sambutanya online menyampaikan apresiasi dan dukungannya, ini sebagai penggerak literasi, jadi pelopor Abdi bahasa, Jaga Bahasa, serta Niaga Bahasa.

“Kami sangat mendukung dan membuka pintu untuk bekerjasama dan kegiatan ini semoga akan melahirkan kawula muda yang memiliki wawasan, konsep dan keterampilan berbahasa dan bersastra untuk menyukseskan gerakan Literasi, UNU Purwokerto, menjadi mercusuar dalam memberikan dampak positif bagi sekitarnya," pungkasnya.

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot