Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

9/21/2023

Bekerjasama Dengan TNI, Pemkab Ciamis Laksanakan Program TMMD di Tambaksari

Kab. Ciamis, Jendelaindo - Sinergi dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia), Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Tambaksari Ciamis Jawa Barat.


Acara pembukaan pembukaan TMMD dihadiri, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra Danrem 062 Tarumanagara Kolonel Inf Asep Sukarna, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Kapolres Ciamis, Forkopimda Ciamis dan Kepala OPD terkait. 


Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D Putra memimpin upacara pembukaan TMMD ke-118 di lapangan Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kamis (21/09/2023).


Program TMMD merupakan bentuk nyata kerja sama antara TNI dan Pemkab Ciamis dalam mempercepat pembangunan di desa.


Dalam sambutannya Yana mengatakan, bahwa program tersebut bertujuan membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam proses percepatan pembangunan desa.


“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaboratif dan sinergis lintas sektoral dalam mempercepat pembangunan desa,” ucapnya.


“Agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan manunggalan antara TNI dengan rakyat,” sambungnya.


Yana sampaikan, kegiatan TMMD juga adalah sebagai bentuk upaya memberikan motivasi dan stimulan kepada masyarakat.


Selain itu menumbuhkan kesadaran seluruh masyarakat agar dapat mempertahankan semangat kebersamaan dan bergotong royong.


“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran seluruh masyarakat untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat gotong royong,” ujar Yana.


“Serta mampu memanfaatkan berbagai macam potensi dan sumber daya lokal yang ada,” Harapnya nya.


Sasaran Program TMMD, Pemkab Sinergi dengan TNI

Yana menjelaskan, program TMMD adalah bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat Ciamis dengan cara melaksanakan pembangunan desa.


Program tersebut salah satu bentuk karya nyata TNI bersama pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Atas nama Pemkab Ciamis, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung jalannya program ini,” ucapnya.


Sementara itu, Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, dalam program TMMD ada dua sasaran yang menjadi fokus yaitu sasaran fisik dan non fisik.


Untuk sasaran fisik berupa pembangunan rabat beton, sumur bor, saluran irigasi, MCK umum dan pengaspalan jalan yang tersebar di beberapa dusun yang ada di Desa Kadupandak.


Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan seperti penyuluhan bela negara anti radikalisme dan anti narkoba.


Kemudian sasaran non fisik lainnya yaitu wawasan kebangsaan, keagamaan, posyandu, pertanian dan lain-lain.


“Kegiatan dalam program TMMD ini rencananya akan dilaksanakan selama 1 bulan mulai 20 September hingga 19 Oktober 2023,” ujarnya.


Setelah upacara selesai, Wabup Yana beserta jajarannya berkesempatan untuk melaksanakan penanaman benih ikan dan peletakan batu pertama pembangunan jalan di Desa Kadupandak.


Wartawan : Prayudi

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot