Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/15/2023

Solusi Pengelolaan Sampah Melalui Eco-Based Village Development

Bogor, Jendelaindo - Mahasiswa IPB University berperan proaktif membantu penanganan sampah melalui program Eco-Based Village Development. Program ini dilaksanakan di desa Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Pada bulan Juli hingga Oktober 2023 bekerja sama dengan PKK desa setempat. Antusias ibu-ibu PKK sangat mendukung upaya penanganan sampah secara berkelanjutan.

Sampah di desa ini menjadi isu yang tidak kunjung terselesaikan hingga saat ini. Menurut Kepala Desa Cihideung Ilir, hal ini disebabkan banyak faktor diantaranya peningkatan jumlah penduduk yang tidak diiringi dengan peningkatan fasilitas kebersihan lingkungan temasuk fasilitas pengelolaan sampah.

Masalah sampah ini dapat memicu timbulnya masalah lain yang dapat berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan. 

Hal tersebut menjadikan lima mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat (PM) bertekad untuk dapat memberikan solusi yang efektif dan inovatif dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada melalui Program Eco-Based Village Development.

Eco-Based Village Development adalah pengembangan desa berbasis lingkungan dalam bentuk pengelolaan lingkungan dan daur ulang sampah. Program ini menggunakan pendekatan yang disebut metode “Upcycling Strategy.

Upcycling Strategy adalah proses transformasi barang yang telah tidak terpakai (sampah) menjadi barang yang memiliki nilai guna dan bermanfaat. Metode ini mencakup enam strategi yang dilaksanakan setiap akhir pekan pada tanggal 23 Juli sampai dengan 1 Oktober 2023 di Desa Cihideung Ilir.

Tim PKM yang diberi nama Ecochill ini diketuai oleh Abdul Arsyad Herdiyasag (Geofisika dan Meteorologi, 2020) dan beranggotakan Atarisa Wulan Anggraeni (Geofisika dan Meteorologi, 2020), Muhammad Dhiyaul Fakhri (Geofisika dan Meteorologi, 2020), Rafif Idul Fitra (Ilmu Komputer, 2020), dan Annisa Nur Azahra (Fisika, 2021) dengan dosen pendamping Bapak Syaefudin, S.Si, M.Si, Ph.D.

Tujuan utama program Eco-Based Village Development untuk membantu mengatasi masalah pengelolaan sampah melalui penumbuhan budaya pemilihan dan daur ulang sampah di Desa Cihideung Ilir.

Target subyek sasaran program ini adalah ibu-ibu PKK Desa Cihideung Ilir sebagai bentuk upaya mendukung pemberdayaan perempuan desa. Program ini memberikan peluang bagi ibu-ibu PKK Desa Cihideung Ilir untuk terlibat dalam daur ulang sampah hingga dapat memberikan penghasilan tambahan keluarga mereka.

Tim Ecochill tidak hanya merancang konsep ini secara teoritis, namun mereka juga telah mengimplementasikannya dengan menjalankan 6 strategy yang sudah dirancang.

Kegiatan tersebut berkaitan dengan penanganan sampah hingga pengolahannya yang terdiri dari Strategy 4M Rubbish Class, Strategy Eco-Enzyme Class, Strategy Eco-Furniture Class, Strategy  Ecoprint Class, Strategy Marketing Class, dan Strategy Collaboration Class.

Dalam pelaksanaan program ini telah menunjukkan dampak positif dan akan berkelanjutan menuju desa yang bersih, hijau dan dapat meningkatkan penghasilan warganya dari pengelolaan sampah. Red/Shn

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot