Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/16/2023

Stabilisasi Harga Pangan, Pemkab Banjarnegara Bersama Bulog Gelar Pangan Murah

Banjarnegara, Jendelaindo - Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara melalui Dinas pertanian perikanan dan ketahanan pangan Kabupaten Banjarnegara, gelar 'Gerakan Pangan Murah' di Kecamatan Bawang. Senin (16/10/2023).

Acara ini bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional, Bulog Cabang Banyumas dan dihadiri oleh Kodim 0704/Banjarnegara, Polres Banjarnegara, Kejaksaan Banjarnegara, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Banjarnegara, Bulog Cabang Banyumas, Camat Bawang dan lainya.

Acara yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Bawang ini dilaksanakan satu hari dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ir. Singgih Wijaksena, ME selaku Kepala Bidang (Kabid) Dintankan Kp Banjarnegara mengatakan, "Mencermati perkembangan harga pangan strategis yang menunjukkan adanya kenaikan harga yang signifikan terutama komoditas beras, baik beras mendium maupun premium sehingga diperlukan upaya pengendalian secara masif dan bisa memberikan efek psikologis terhadap harga pangan.
Gerakan pangan murah ini merupakan salah satu kegiatan sebagai upaya menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan. Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini juga dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober." Pungkasnya.

Menurut Singgih, Tujuan dari peringatan HPS tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional maupun nasional.

"Kegiatan ini terlaksana sebagai hasil kolaborasi Badan Pangan Nasional, Perum Bulog Cabang Banyumas, Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Dinas Pertanian Perikananan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara serta para pelaku usaha yang tergabung dalam, KWT maupun yang mandiri." Kata Singgih.

Dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah, bahan pangan dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar yang ada, sehingga bisa menekan gejolak harga dan menjaga kestabilan harga. Upaya pengendalian inflasi ini merupakan bentuk perhatian pemerintah agar masyarakat secara umum tetap bisa menjangkau dan mengakses bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga bisa lebih sejahtera.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah dilaksanakan selama satu hari pada hari senin tanggal 16 Oktober 2023 dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota, Provinsi serta di Badan Pangan Nasional dengan harapan maknanya lebih terasa dan memiliki efek yang maksimal." Tandasnya.

Bahkan Ia pun menambahkan, Nantinya pada tanggal 23 bulan ini, ia akan merencanakan gerakan pangan murah di lokasi kecamatan punggelan dan Kecamatan Ponegoro yang difasilitasi oleh Dinas ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot