Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

3/01/2024

Wayang Kulit Lakon Pandawa Syukur Menutup Rangkaian Hari Jadi ke – 453 Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara, Jendelaindo – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke- 453 Kabupaten Banjarnegara di akhiri dengan pagelaran wayang kulit dengan Lakon Pandawa Syukur oleh dalang Ki Eko Suwaryo dari Kebumen pada Kamis (29/3/2024) malam di Alun-alun Banjarnegara.

Pagelaran wayang kulit dimulai pukul 20.00 WIB yang diwarnai hujan tersebut diawali dengan pengukuhan pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Banjarnegara serta kampanye Gempur Rokok Ilegal dari Dinas Bea Cukai Purwokerto.

Sebelum pagelaran dimulai dalang Ki Eko Suwaryo menerima tokoh wayang Werkudara untuk dipentaskan dari Pj Bupati Tri Harso. 

Berdasarkan sinopsis, Lakon ”Pandawa Syukur” menggambarkan kisah penaklukan dan pemenjaraan 97 raja oleh Prabu Jarasanda dari Kerajaan Giri Baja. Jarasanda berambisi menjadikan 100 raja sebagai tumbal.

Namun, baru 97 raja yang berhasil dipenjarakan, menyisakan tiga raja lagi, yaitu Puntadewa, Kresna dan Baladewa.

 Para Pandawa dan dua kerajaan lainnya memutuskan membebaskan raja-raja yang menjadi tawanan Prabu Jarasanda.

Setelah melalui pertempuran sengit, Prabu Jarasanda berhasil ditaklukkan dan 97 raja yang dijadikan tawanan akhirnya dibebaskan. Mereka bergabung mengikuti "Sesaji Raja Suya" sebagai wujud syukur Pandawa yang telah berhasil mendirikan Amarta.

Ratusan warga Banjarnegara antusias ikut menyaksikan secara langsung meskipun cuaca diiringi hujan. Pagelaran wayang Pandawa Syukur baru selesai dipentaskan sekira pukul 03.00.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara tahun ini berlangsung meriah.

Ada 20 rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak 12 Januari 2024 sampai dengan 11 Februari 2024 dan akan berakhir tanggal 6 Maret 2024 mendatang.  

Acara tersebut diantaranya adalah Lomba Disain Logo Hari Jadi, Pemecahan Rekor Muri, Senam Sehat, Banjarnegara UMKM Expo dan Festifal Produk Lokal, Isbad Nikah dan Nikah Masal, Jamasan Pusaka, Festifal Read Aloud (Pembaca nyaring), Pentas seni dan Budaya, Gelar Musik Dangdut dan Fesen Show Eco Print dan terakhir Bazar/Bursa/ Pameran Buku tahun 2024,
Semua kegiatan dalam rangka Hari Jadi Ke-453 Kabupaten Banjarnegara pada prinsipnya merupakan penghormatan kepada leluhur, penghargaan para pemimpin Banjarnegara, melestarikan kebudayaan, adat dan tradisi daerah serta memberikan hiburan kepada masyarakat Banjarnegara, disamping untuk pengembangan potensi daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap peringatan hari jadi kabupaten banjarnegara yang di gelar setiap tahun ini akan meningkatkan rasa kecintaan dan handarbeni serta bangga akan jati dirinya sebagai “wong” Banjarnegara yang senantiasa menjunjung tinggi sikap keterbukaan, kebersamaan, dan kekeluargaan,” kata Tri Harso.

Acara resepsi hari jadi Banjarnegara dan pagelaran wayang kulit dihadiri jajaran Forkopimda, Direktur BUMD, Kepala OPD, para Camat, Kepala Desa, dan masyarakat Kabupaten Banjarnegara.***

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot