Tradisi 10 Muharram Snewent Team Santuni 27 Anak Yatim

Sampang, JendelaIndo - Momentum bulan Muharam menjadi momentum emas bagi umat Islam dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, salah satunya menyantuni anak yatim. Dalam momentum emas kali ini, Snewent Team kompak berbagi dalam menyantuni 27 Anak Yatim yang berada di Desa Nepa, Sabtu 29/8/20 di kediaman H. Jehri.

Bulan Muharram termasuk salah satu momentum mulia karena menjadi bulan pembuka tahun baru, sehingga menjadi hal yang wajar jika dalam kondisi ini disebut sebagai “Hari Raya Umat Islam”.

Menang, sebagian masyarakat Indonesia bahkan menganggap bahwa tanggal 10 Muharram (Asyura) adalah Hari Raya anak yatim. Istilah Idul yatama, (Hari Raya anak yatim) sebenarnya hanyalah ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim, sebab pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka.

Ini sesuai dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin yang disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“.

“Hal itulah yang menjadikan program rutin Baldatun dalam memberikan santunan setiap di tanggal 10 Muharram, itu bobot yang di yakini saya, bahwa dalam satu helai rambut anak yatim ada satu pahala, bayangkan berapa helai rambut yang ada di kepala anak yatim ketika diusap dan diperhatikan,” jelasnya Pendiri Snewent Team Yusuf Syaputra.

Menurutnya, selain itu santunan anak yatim ini di khususkan untuk desa tercinta Desa Nepa semoga bisa tetap bisa melestarikan kewajiban ini dan kepemudaannya semoga selalu kompak aman damai maju.”terangnya.

Kemudian, Di hari baik ini Pemuda Snewent minta mendoakan kepada Al Habib Ali Habsy agar diberikan kesehatan, keamanan, keberkahan dan keselamatan. 

“Semoga di hari baik ini, Pemuda Snewent dan Jajarannya  semoga selalu kompak dan solid bisa melaksanakan lagi di tahun depan "

Lebih lanjut dirinya mengatakan, semoga doa bersama anak yatim didesa Nepa ini senantiasa Allah berikan kesehatan, keamanan, keberkahan dan keselamatan untuk Para Segenap Keluarga Besar Snewent Team pada umumnya untuk masyarakat Desa Nepa.

Slamet Hendri Arisandi Selaku Ketua pemuda Snewent perintahkan kepada semua jajarannya untuk melaksanakan kegiatan berbagi ini niat demi niat sesama para anggota karna ingin melestarikan kewajiban kita sebagai ummat nabi muhammat SAW.  

Untuk menyantuni anak yatim yang ada didesa Nepa tapi alhamdulillah miskipun dana ini kami lakukan lewat amal-amal dijalan raya ataupun bantuan dari luar negeri semoga diberikan keberkahan karna para jajaran pemuda Snewent tetap kompak miskipun di terik matahari karna ingin memberikan atau menyantuni kepada anak yatim.

Terima Kasih kami ucapkan segenap jajaran pemuda Snewent Team atas kekompakkannya dan juga atas kerja kerasnnya untuk mencari dana dan pula kami ucapkan terima kasih kepada tuan rumah H. Jehri sudah memberikan ruang dalam berbagi ini,ungkap Slamet.

Harapan kami jajaran Pemuda Snewent ditahun depan semoga bisa melaksanakan lebih di tahun ini,imbuhnya.

Wartawan : Holik
Lebih baru Lebih lama