Terapkan Ilmu Pelatihan yang Diperoleh untuk Ciptakan Pramuka Handal


Tegal, Jendelaindo
– Ketua Kwarcab Kota Tegal yang juga Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, ST., M.M., meminta peserta Kursus Pengelola Gugus Depan agar menerapkan ilmu maupun pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan. Hal tersebut bertujuan agar lahir dan tercipta pramuka-pramuka yang handal ditengah masyarakat Kota Tegal.

“Komitmen kita adalah terwujudnya anggota muda Gerakan Pramuka Jawa Tengah yang cakap, berkarakter, berdaya saing dan peduli,” ungkap pria yang akrab disapa Kak MJ itu saat menutup secara resmi Kursus Pengelola Gugus Depan yang berlangsung Senin – Kamis (2-5/11/2020) di sanggar Kwarcab Kota Tegal, Kamis (5/11/2020) siang. 

Komitmen tersebut, kata Jumadi, sesuai strategi utama dalam pencapaian visi Kwarda Jawa Tengah pada Tahun 2023 yaitu Program Pengembangan Gugus depan menjadi Gugus Depan Mantap. Oleh karena itu, keseluruhan proses dan tahapan diarahkan mendukung pencapaian tujuan tersebut.
Gugus Depan Mantap, kata Jumadi, merupakan postur gugus depan pramuka yang mempunyai keunggulan dan kekuatan di bidang manajemen dan  administrasi, Sumber daya manusia (SDM), Keuangan dan sarana prasarana, kegiatan, proses, prestasi, kemitraan dan kehumasan.  

"Dengan begitu, dari Gugus Depan mantap tersebut akan terwujud anggota pramuka yang berkualitas, percaya diri, dan diyakini mempunyai karakter, kebangsaan, kecakapan, daya saing dan kepedulian yang baik," ujar Jumadi. 

Terkait kondisi Kota Tegal yang saat ini memasuki musim penghujan, Jumadi mengajak Pramuka Kota Tegal untuk siap siaga menghadapi curah hujan yang tinggi yang berpotensi banjir. Selain itu, Pramuka Kota Tegal turut serta mengedukasi masyarakat.

Tak ketinggalan juga di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Jumadi meminta Pramuka Kota Tegal dan masyarakat Kota Tegal untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. "Jangan kasih kendor, terus bergerak mengedukasi masyarakat tentang disiplin protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan dan selalu gunakan masker," pungkas Jumadi. 

Wartawan : MUHAMAD IRFANI
Lebih baru Lebih lama