Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/28/2021

Sejumlah Rumah Warga Terdampak Angin Puting Beliung, Ini Aksi Babinsa


Cilacap,Jendelaindo
- Sejumlah wilayah pesisir selatan Kabupaten Cilacap yaitu wilayah Kecamatan Adipala, Kecamatan Binangun, Kecamatan Nusawungu dan Kecamatan Maos terdampak bencana alam angin puting beliung yang menyebabkan pohon-pohon tumbang dan berdampak pada  kerusakan pemukiman peduduk di wilayah tersebut, Rabu (27/1).

Seperti halnya di wilayah Kecamatan Adipala, angin puting beling merusak beberapa rumah  warga di Desa Adipala, Desa Welahan Wetan dan wilayah desa lainya. 

Danramil Adipala Kapten Inf Kadisan menjelaskan cuaca extrim telah menimbulkan angin puting beliung hampir seluruh wilayah Kecamatan Adipala terkena dampaknya.

"Dari laporan yang kami terima setidaknya ada 3 orang warga yang rumahnya tertimpa pohon runtuh. Diantaranya  rumah milik Jamjuri warga RT. 01 RW 01 Desa Welahan Wetan,  rumah Sirin dan Sandimin yang beralamat di RT 02 RW 01 Desa Adipala. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan saat ini kami sudah melakukan penanganan bersama warga setempat," jelas Kapten Kadisan.

Sementara dari wilayah Kecamatan  Binangun, Danramil Binangun mengatakan setidaknya 3 orang warga yang melaporkan rumahnya terdampak angin puting beliung.

"Satu titik di Madrasah Diniyah  Binangun yang berlokasi di Rt. 01 RW 01 Desa Kemojing yang menyebabkan putusnya aliran listrik di area tersebut. Rumah Sansukirman warga di Desa Binangun RT 02. RW. 01 juga tertimpa pohon alba, ada lagi warga RT.08 RW.04 juga terdampak angin puting beliung. Saat ini kami bersama unsur terkait melaksanakan pengecekan dan pendataan lebih lanjut," katanya.

Dari wilayah Kecamatan Nusawungu, angin puting beliung juga berdampak pada kerusakan rumah warga. Danramil 05 Nusawungu Kapten Cba M.Isa Saefudin mengatakan setidaknya ada 2 warga yang rumahnya terdampak bencana alam tersebut.

" Dari laporan  yang kami terima, warga kami yang terdampak antaralain Madwani warga Dusun Kendenglor RT.01 RW 05 Desa Karangputat, Sapon Warga Dusun Nusawaru Wetan RT. 05 RW. 04 Desa Klumprit. Tidak ada laporan korban jiwa, adapun kategori kerusakan ringan dan masih bisa diatasi," katanya.

Guna mengatasi bencana alam puting beliung, aparat Babinsa di masing masing wilayah terdampak bencana sudah bergerak dan berkoordinasi dengan aparat desa terkait untuk melaksanakan kerja bakti atau gotong royong bersama masyarakat setempat untuk memperbaiki rumah warga yang rusak akibat terdampak angin puting beliung.


Red/Sholeh

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot