Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/29/2021

Terkait Pelaksanaan Vaksinasi, Bupati Ciamis Ikuti Arahan Menkes RI


Kabupaten Ciamis, Jendelaindo -
Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terkait pelaksanaan Vaksinasi covid19 dimulai sejak tanggal 13 Januari 2021 secara serentak di 34 provinsi.

Mempertimbangkan target pelaksanaan vaksinasi untuk meningkatkan serta mempercepat layanan vaksinasi covid19. Maka dari itu, Kementerian Kesehatan atur rapat koordinasi dalam persiapan vaksinasi. Acara tersebut diikuti Bupati Ciamis dari ruang Vidio converence Setda Kabupaten Ciamis. 29/01/2021.

Pada kesempatan itu, Mentri Kesehatan Budi Gandi Sadikin menyampaikan, tujuan pertemuan koordinasi seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se- Indonesia yaitu membahas akselerasi capaian vaksinasi sesuai target yang telah ditentukan. Ujarnya.

" Vaksinasi adalah satu solusi menciptakan imunitas ( herd immunity ) yang terbentuk oleh 2/3 populasi anti tubuh dalam periode yang sama, sehingga perlu dilaksanakan vaksinasi yang lebih cepat ". Jelasnya.

Ia katakan, sasaran vaksinasi di Indonesia sebanyak 181,5 juta  penduduk. Jadi, setiap orang akan mendapatkan 2 kali dosis atau suntikan. Tambahnya.

" Total dosis yang akan diberikan sebanyak 363,1. Dengan demikian diperlukan kurang lebih 1 juta vaksinasi per hari ( termasuk hari sabtu dan minggu ) untuk program vaksinasi selesai 1 tahun ". Terangnya.

Kementerian Kesehatan menyebutkan, persembahkan vaksinasi tidak boleh sembarangan, beberapa ketentuan salah satunya yaitu usia, vaksin tidak akan diberikan kepada usia 17 tahun kebawah hingga usia diatas 59 tahun. Kata Budi Gandi Sadikin.

Selain daripada itu, Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan, Kepala Daerah berperan penting dalam upaya mensukseskan pelaksanaan vaksinasi covid19. Menyediakan data melalui APBD, menyediakan sarana prasarana proses pelaksanaan vaksinasi serta melakukan penanggulangan - penanggulangan kejadian pasca vaksinasi.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan, jumlah vaksin yang telah diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis sebanyak 6.600 vaksin, 3.300 untuk tenaga kesehatan ditambah 10 orang forkopimda yang diprioritaskan. 

Bupati Ciamis sampaikan, " target penyuntikan vaksin tahap awal akan dilaksanakan pada hari senin tepatnya tanggal 1 Februari 2021 dan telah ditargetkan selesai akhir bulan februari.  Mudah - mudahan selesai lebih cepat sesuai yang telah ditargetkan Menteri Kesehatan ". Pungkas Herdiat.

Wartawan : Prayudi

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot