JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Erupsi Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer


Sumut, Jendelaindo - Gunung Sinabung kembali muntahkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur sejauh 3.000 meter ke arah timur tenggara, Rabu (19/5) pukul 04.48 WIB.


Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa selain awan panas guguran, Sinabung juga mengeluarkan kolom erupsi setinggi 3500 meter dari atas puncaknya.


Berdasarkan hasil pengamatan PVMBG, erupsi kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.


Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 11 menit 18 detik. Sementara itu, Status Gunung Sinabung masih tetap berada pada level III atau ‘Siaga’.


Dengan melihat adanya laporan perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya sejauh 5 kilometer dari puncak.


Selain itu, masyarakat juga diminta memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.


Bagi masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar dingin apabila terjadi hujan.


Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB


Penulis : Apri Setiawan

Editor : Arief Ferdianto

Lebih baru Lebih lama