Meski Medan Berat, TMMD di Ciputih Salem Cepat Selesai


Brebes,Jendelaindo - 
Meski berlokasi di medan yang sangat berat, namun pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-111 tahap II tahun 2021 Kodim 0713/Brebes berhasil diselesaikan, bahkan lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan. Semua hasil TMMD secara resmi diserahkan Dandim 0713/Brebes Letkol Arm Moh Haikal Sofyan ke Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di Pendopo Bupati Brebes. Rabu (14/7).

“Saya mengapresiasi kerja teman-teman TNI yang bergandengan tangan dengan masyarakat dan seluruh unsur lainnya, sehingga TMMD berjalan sukses meski di medan yang berat,” ujar Haikal saat menyerahkan hasil TMMD.

Penyerahan hasil karya TMMD diwujudkan dalam penandatanganan naskah berita acara Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dan penandatanganan prasasti oleh Dandim 0713/Brebes dan Bupati Brebes.

Haikal Sofyan juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan pada pemerintah Kabupaten Brebes yang telah berkomitmen bersama Kodim 0713/Brebes dan mendukung terlaksananya kegiatan TMMD di Desa Ciputih. 

Adapun sasaran fisik berupa pembangunan dan peningkatan  jalan, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit, 2 unit Pos Keamanan Lingkungan (Kamling). Juga kegiatan non fisik seperti sosialisasi dan aksi sosial lainnya.

Kata Dandim, TMMD sebagai wujud meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena melalui peningkatan pembangunan, kemajuan dan ketrampilan dengan memberdayakan potensi wilayah nantinya masyarakat bisa lebih mandiri, dan memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidup. 

TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2021 mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Operasi Militer Selain Perang. Yaitu pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara lini sesuai dengan sistim pertahanan semesta salah satunya TMMD. 

“Program TMMD) adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemernitah Daerah serta komponen bangsa lainnya,” ungkap Haikal.

Kata Haikal, pembangunan yang dimaksud dengan prioritas pada daerah miskin tertinggal, terisolir, daerah perbatasan, pulau-pulau terluar, daerah-daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena bencana. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada TNI, Polri dan masyarakat yang yang bersinergi, sehinga TMMD selesai tepat pada waktunya. 
"Kesuksesan ini, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat," ujar Idza saat diwawancarai usai acara.

Idza berharap, dengan adanya TMMD bisa membawa manfaat yang besar, khususnya masyarakat Desa Ciputih Kecamatan Salem. TMMD juga telah menjadi ladang edukasi dan sosisalisasi tentang pentingnya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Dengan ditutupnya TMMD, Idza bersyukur karena fasilitas  jalan dan fasilitas umum lainnya di desa Ciputih Salem menjadi lebih baik. Terima kasih kepada Kodim 0713/Brebes yang telah memberikan berbagai hal di Desa Ciputih lewat program TMMD.

Turut hadir dalam acara penutupan TMMD Sengkuyung ke-111 Tahap II TA 2021, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febriyanto SIK MSi, Kepala Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan SH MH, perwakilan Kejaksaan Negeri Brebes, Wakil Ketua DPRD Zubad Fahilatah, Asisten I Sekda Brebes Drs Apriyanto Sudarmoko, Kepala Dinas Terkait, Kapolsek Salem, Camat Salem, Kepala Desa Ciputih serta tamu undangan lainnya. 

Wartawan : Krisna
Lebih baru Lebih lama