Tinggi, Partisipasi Masyarakat dalam TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021


Tegal,Jendelaindo
– Partisipasi masyarakat dalam pemasangan U-Ditch dan talud dan kegiatan lainnya dalam Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Kelurahan Debong, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, cukup tinggi. 

“Alhamdulillah karena kegiatan TMMD ini diawali dengan sosialisasi di masyarakat makanya partisipasi masyarakat juga cukup tinggi. Partisipasi dalam bentuk tenaga kemudian bantuan bantuan yang sifatnya seperti makanan kepada para tenaga TNI yang bekerja kemudian dari masyarakat juga ada yang membantu tenaga secara langsung,” ungkap Camat Tegal Selatan Sartono usai Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, Rabu (14/07/2021) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Kota Tegal.

Komandan Kodim 0712/ Tegal, Letkol Inf.Sutan Pandapotan Siregar dalam sambutannya menyamnpaikan terima kasih karena pihaknya telah diberi kepercayaan oleh masyarakat, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat untuk berkarya di Kota Tegal.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan, masyarakat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk berkarya di Kota Tegal ini melalui kegiatan TMMD. Adapun pelaksanaan yang kami lakukan yaitu pembuatan saluran dan perbaikan dan sebagainya ini bisa kami laksanakan 100 persen dan kami berharap ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan bisa dipelihara,” ucap Sutan Pandapotan Siregar.

Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf.Sutan Pandapotan Siregar juga menyampaikan bahwa pembangunan dalam TMMD Sengkuyung Tahap II ini tidak hanya pembangunan fisik tetapi juga menyasar pembangunan non fisik. 

“Tujuan yang dilaksanakan adalah untuk membantu pemerintah daerah untuk bersama-sama masyarakat mau berpartisipasi dan turut serta dalam rangka pembangunan di wilayah kita. 

Terlepas dari itu pula kami juga melakukan pembangunan non fisik berupa penyuluhan dari TNI sendiri , Kepolisian dari instansi lain, kesehatan juga kita laksanakan,” pungkas Sutan Pandapotan Siregar.

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan hasil TMMD antara Pemerintah Kota Tegal yang diwakili oleh Sekda Kota Tegal, Dr. Drs. Johardi, M.M., dan Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf.Sutan Pandapotan Siregar.

Sementara itu Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2021, Kapten Inf. Sokhib Setyadi dalam laporannya menyampaikan untuk sasaran fisik dapat diselesaikan 100 % yaitu pemasangan U-Ditch (Panjang 1,20 Meter, lebar 0,50 meter dan tinggi 0,60 meter) sepanjang 153, 5 meter.

“Untuk pembuatan talud yaitu dengan ukuran panjang 25 meter, lebar 0,3 meter dan tinggi 0,85 meter,” ucap  Kapten Inf. Sokhib Setyadi.

Masih menurut Kapten Inf. Sokhib Setyadi bahwa sasaran non fisik juga juga dilaksanakan yaitu penyuluhan TMMD, Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, penyuluhan Protokol Kesehatan, pencegahan bahaya stunting pada anak, kenakalan remaja dan narkoba seta penyuluhan KB Kesehatan dan Posyandu. 

Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama