Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

8/30/2021

Peringati HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi, PMT Laksanakan Upacara, Tebar Benih dan Baksos

Tegal,Jendelaindo – Paser Mania Tegal memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-4 Paser Mania Tegal (PMT) dengan melaksanakan upacara secara sederhana, tebar benih sebanyak 6.000 ekor ikan nila dan bhakti sosial kepada warga yang membutuhkan.

“Kita masih dalam masa PPKM, upacara ini dilaksanakan dengan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker dan menghindari kerumunan,” ungkap Ketua PMT, Muhammad Arif usai upacara di Bantaran Sungai Kaligung, Desa Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Minggu (29/08) pagi. Disebutkan Bang Ayiep, panggilan akrab Muhammad Arif, upacara di tempat tersebut merupakan kedua kalinya bagi PMT. Upacar pertama dilaksanakan pada tahun 2018 lalu pada saat memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI. 

Rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke-4 PMT selain upacara sederhana, juga dilaksanakan tebar benih sebanyak 6.000 ekor ikan nila di beberapa sungai di wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. 

Seperti Sungai Kaligung, Sungai Ketiwon, Sungai Pah, Sungai Pemali, Sungai Bojongsana Surodadi, dan Sungai Jatilawang Desa Jatilawang Kecamatan Kramat, dan Bendungan Pintu Seng Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Disebutkan Bang Ayiep, teknis pelepasan bibit ikan nila di masing-masing sungai diserahkan kepada masing-masing Korwil dibawah organisasi PMT.

Sementara baksos berupa 10 paket sembako dan uang tunai diserahkan kepada warga di Bantaran Kaligung yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. 

Tujuan PMT melaksanakan upacara dan melaksankan kegiatan tebar benih, dikatakan Bang Ayiep, untuk meningkatkan rasa persatuan, memupuk rasa nasionalisme para anggota PMT, meski dilaksanakan satu tahun sekali menghormat kepada sang saka merah putih. 

“Ini menunjukkan komunitas PMT adalah komunitas yang mempunyai jiwa dan rasa nasionalisme kepada bangsa dan negaranya. Ini yang perlu kita tanamkan sejak dini di PMT,” tutur Bang Ayiep. 

Bang Ayiep mengharapkan dengan dilaksanakan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke-4 PMT, semua anggota PMT di masa pandemi dan PPKM ini untuk bangkit dan hadapi bersama-sama sehingga pandemi diharapkan cepat berakhir. 

“Di usia yang keempat ini, saya berharap PMT semakin dewasa. Semakin kompak, makin solid dan makin positif,” harap Bang Ayiep. 

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan maser bareng (mabar) para anggota PMT yang hadir dengan target ikan konsumsi.

Wartawan : Krisna

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot