JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Dedy Yon Tutup KKN 150 Mahasiswa UPS

Tegal,Jendelaindo - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa dan mahasiswi Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal yang sudah dilaksanakan selama satu bulan lebih di wilayah Kota Tegal dan diikuti oleh150 mahasiswa dan 9 dosen pendamping, Rabu (8/9/2021) secara resmi ditutup Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono melalui zoom meeting di Command Room, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada UPS Tegal yang telah melaksanakan KKN di wilayah Kota Tegal.

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa Universitas Pancasakti yang telah melaksanakan kuliah kerja nyata di wilayah kecamatan Tegal Barat, Margadana dan Tegal Timur. Saya yakin kedatangan para mahasiswa ke wilayah-wilayah tersebut telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Wali Kota Tegal.

Ia berharap hal-hal yang telah tersinergi antara mahasiswa KKN dan penduduk di lokasi KKN, dapat menjadi sebuah program dan kegiatan baru yang inovatif. Selain itu, yang penting menurutnya adalah bagaimana membuat agar program-program hasil KKN harus mudah diadopsi masyarakat.

Hasil KKN harus bisa dilakukan sebagai sebuah tradisi yang baik oleh masyarakat, harus bisa berlangsung terus menjadi sebuah kebiasaan baik yang berkesinambungan dan jangan sampai hasil KKN hanya dilaksanakan selama mahasiswa masih dalam program, kemudian hilang setelah program KKN selesai. 

Rektor Universitas Panca Sakti Tegal Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tegal, atas bimbingan dan bantuan serta koreksi dan masukan yang diberikan kepada mahasiswa KKN selama melaksanakan KKN di wilayah Kota Tegal.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi amal baik bagi kita semuanya dan bisa terjalin kerjasama yang meningkat, baik secara kuantitas maupun kualitas,” Kata Fakhruddin.

Fakhruddin menyampaikan bahwa KKN ini bertujuan untuk membina, menempa, mengasah pada calon-calon sarjana yang pada hakekatnya merupakan kader pembangunan dimasa mendatang, dan dalam pelaksanaan KKN inilah mahasiswa KKN bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah untuk diterapakan di lapangan. 

Fakhrudin menyampaikan meskipun dalam pelaksanaan KKN mahasiswa UPS ini dalam situasi pendemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM, namun tidak menyurutkan arti, semangat untuk mengabdikan ilmu yang sudah didapat dan di aplikasikan di lapangan.

Beberapa program unggulan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa KKN UPS di wilayah Kota Tegal yakni program bahan bakar cair dari plastik, program pengolahan sampah untuk pembuatan kompos dari kelompok KKN di Kelurahan Panggung dan program aquaponic.

“Kami berharap, program-program unggulan ini bisa ditingkatkan lagi dan tidak berhenti sampai disini saja,” pungkas Fakhrudin.

Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama