JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Diduga Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 1 Cileuleus Tidak Sesuai Bagan Perencanaan

Kabupaten Tasikmalaya,Jendelaindo - Melalui Dinas Pendidkan, pemerintah berikan bantuan kegiatan rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotan. 

Lokasi kegiatan tersebut diantaranya di SDN 1 Cileuleus Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya dengan nilai anggaran sebesar Rp. 116.800.029 rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) TA 2021. Pelaksana kegiatan oleh CV. PANDYA PUTRA PRATAMA dengan lamanya waktu kegiatan selama 60 hari kelander.

Sebagai sosial kontrol, kami, awak Media ( jendelaindo ) meninjau langsung pelaksanaan kegitan tersebut.
Dari tinjaun itu, ada pekerjaan konstruksi yang tidak sesuai dengan gambar ( bagan perencanaan awal ). Didalam gambar perencanaan awal,  untuk atap genteng harus menggunan genteng metal. Namun, dalam penerapannya atap tersebut menggunakan genteng palentong atau pres.

Menindak lanjuti hal tersebut, ditemui dikantornya 16/09/2021, Kasi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, H. Daris, menyampaikan, " bahwa hal itu sudah didiskusikan bersama perencana, pengawas dan rekanan ". Ujarnya.
Ketidak sesuaian bagan perencenaan dengan pemasangan atap genteng, lanjut H Daris, bahwa itu di masukan kedalam Contract Change Order ( CCO ) atau surat kesepakatan/ perjanjian yang ditandatangani pemilik atau owner, wakil owner serta kontraktor dikarenakan adanya revisi atau perubahan perencanaan awal pada konstruksi yang dikondisikan dengan keadaan. Terangnya.

Untuk meminta keterangan lebih lanjut, Kasi Perencanaan Bidang Tata Bangunan DPUPRP Kabupaten Tasikmalaya, Agus, katakan secara singkat, " kami harus lihat dulu Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) nya". 
 
Melalui pesan WhatApps, pengawas kegiatan pelaksanaan pekerjaan DAK TA 2021 SDN 1 Cileuleus, pajri, paparkan, " ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan bisa saja terjadi sesuai dengan situasi dan kondisi dilapangan.

Lebih lanjut Pajri sampaiakan, untuk gambar perencanaan SDN 1 cileles perihal denah atap, memang ada notasi genteng metal, akan tetapi didalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) atap genteng menggunakan palentong berikut bubungan nya. Jelasnya.

" Memang, genteng existing 2 ruang kelas yang ada genteng palentong, otomatis saya mengikuti tipe genteng yang ada sekaligus mengikuti yang ada didalam RAB. Untuk gambar kita sudah menginstruksikan dibuatkan as-built drawing serta itupun sudah dilaksanakan. Pungkasnya.

Wartawan : Prayudi
Lebih baru Lebih lama