Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

12/30/2022

Memasuki Tahun ke 2, BNN Purbalingga Terus Meningkatkan Upaya WOD

Purbalingga, Jendelaindo - Memasuki Tahun kedua di bawah kepemimpinan Komisaris Jenderal Polisi Dr.Petrus Reinhard Golose, Badan Narkotika Nasional (BNN) terus meningkatkan upaya War On Drugs (WOD) di berbagai bidang sesuai dengan tagline yang digunakan yaitu WOD, Speed up never let up BNN terus melakukan percepatan atau akselerasi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN) tanpa kenal lelah dan pantang menyerah.Kamis (29/12/2022).

Dalam upaya WOD ini segaris dengan kebijakan Pimpinan BNN RI yang konsisten mengusung empat strategi antara lain, Sofr Power Approach, Hard Power Approach, Smart Power Approach dan Cooperation.
Maka BNN Kabupaten Purbalingga pada tahun anggaran 2022 ini telah melakukan Hal-hal sebagai berikut, Soft Power Approach Strategi ini meliputi Bidang Pencegahan pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi melalui strategi tersebut BNN Kab, Purbalingga telah melakukan banyak pencapaian dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pada bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, BNN Purbalingga telah membentuk 6 Desa bersinar yang diantaranya, Desa Timbang, Desa Muntang, Desa Kembangan, Desa Cipaku, Desa Dawuhan dan Desa Sempor Lor.

Disamping itu indeks ketahanan diri BNN Purbalingga memperoleh ketegori sangat tinggi, Dektari tersebut terdiri dari pembentukan remaja teman sebaya dengan indeks 58,23 dan penguatan ketahanan keluarga dengan nilai 89,375. Penggiat anti narkoba yang dibentuk sejumlah 80 orang dari berbagai kalangan, dan pelaksanaan cek urine deteksi dini terhadap 530 orang.

Sementara itu pada bidang rehabilitas BNN Purbalingga telah mencapai target yang ditetapkan oleh BNN pusat yakini adanya peningkatan upaya pemulihan pecandu narkotika melalui dua indikator.
Indikator pertama adalah indeks kapabilitas rehabilitas pada tahun 2022 mencapai 3,74 dari skala 1-4. Sedangkan indikator kedua adalah persentase kualitas hidup penyalahgunaan narkotika yang meningkat setelah menjalani rehabilitas. Peningkatan kualitas tersebut dihitung melalui Who Quality Of Life (WHOQOL) pada 4 domain yaitu fisik, Psikis, Sosial dan Lingkungan. Empat domain tersebut semuanya melebihi target yang ditetapkan, yaitu 58%.

Dalam tahun 2022 saat ini, Klinik Pratama BNN Purbalingga telah memberi layanan rehabilitas rawat jalan terhadap 27 klien yang terdiri dari 23 Laki-laki dan 4 Perempuan. Dari 27 klien tersebut umur termuda 14 tahun dan yang tertua 29 tahun, dengan latar belakang antara lain Pelajar, Pekerja dan tidak/belum bekerja.

Adapun zat utama yang dominan disalahgunakan oleh klien adalah golongan Psikotropika diantaranya pengguna Methampethanine (Sabu), Magic Mushroom, Ganja, Synthetic Cannabinoid dan Daun Terompet/Kecubung disamping itu Klinik Pratama BNN Purbalingga juga melakukan rujukan rawat inap terhadap 3 klien (1 Diversi anak dan 2 Voluntary) sepanjang tahun 2022 ini, klien yang dilakukan rujukan merupakan Pengguna lebih dari 1 zat narkoba (Multiple User) termasuk layanan rehabilitas yang dilakukan oleh agen pemulihan pada unit Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bahtera sinar emas Desa Meri Kec, Kutasari terhadap 8 klien.

Melalui Hard Power Approah strategi ini, BNN Purbalingga melakukan upaya pemberantasan narkotika melalui ungkap 1 laporan kasus narkotika pada 31 Januari 2022 lalu dengan 1 tersangka dan barang bukti Narkotika jenis Sabu dengan berar 0.44 Gram, disamping itu melalui pelaksanaan tim Asesmen terpadu yang melibatkan Polres Purbalingga, Kejaksaan Purbalingga, Rsud Dr.Goetheng Taroenadibratha, Polres Banjarnegara, Kejaksaan Banjarnegara sebanyak 15 kali.

Smart Power Appproach dalam strategi ini, BNN memanfaatkan teknologi informasi sebagai upaya mempercepat, memudahkan dan efisiensi layanan kepada masyarakat melalui Aplikasi Si Bangga. Adapun menu pada Aplikasi tersebut meliputi, Berita (News); Pelaporan Gratifikasi, Whistle Blowing System; Layanan SKHPN; Konsultasi Rehabilitasi; Laporan penyalahgunaan; Permohonan Kegiatan; Survei Layanan dan Contact Center BNN Purbalingga.

Sepanjang tahun 2022 ini, BNN Purbalingga telah menandatangani 11 Dokumen kerjasama, diantaranya: LPP RRI Purwokerto, Tim Penggerak PKK Purbalingga, SMKN 1 Kemangkon, Tim penggerak PKK Banjarnegara, Rsj Prof.Dr. Soerojo Magelang, SMP Istiqomah Sambas, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Purwokerto, SMPN 4 Purbalingga dan Loka Pom di Kabupaten Banyumas.Red/Arief/Tim BNN

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot