Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/04/2023

Update! Proyek Puluhan Miliar RSUD Banjarnegara Terancam Putus Kontrak, Aryo: Minus 20 Persen

 

Banjarnegara, Jendelaindo - Proyek pembangunan tahap I Gedung B Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HJ. Anna Lasmanah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus menuai sorotan.


Pasalnya proyek yang menggunakan anggaran bersumber dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Tahun Anggaran (TA) 2023 sebesar Rp.55 Miliar lebih tersebut, mengalami keterlambatan (minus) hingga 20 persen. 


Hal itu disampaikan Aryo Semeru selaku Ketua Tim Perusahaan Jasa Manajemen Kontruksi (MK) PT Saranabudi Prakarsaripta kepada awak media, Selasa (3/10/2023). 


“Untuk saat ini progres pembangunan tersebut seharusnya sudah mencapai 57 persen, namun dapat kita lihat, sampai saat ini pembangunan baru mencapai sekitar 37 persen jadi minusnya 20 persen,” terang Aryo. 


“Seharusnya dari bulan mei hingga saat ini, pembangunan sudah berjalan di lantai 4, namun hingga kini baru di lantai 2, itu pun di lantai 2 belum semuanya beres. Untuk izin Amdalnya saat ini sudah turun,” sambungnya. 


Terkait hal ini, kata dia, Inspektorat Banjarnegara sudah melakukan audit, pihak perusahaan juga telah dipanggil untuk memberikan klarifikasi terkait keterlambatan, bahkan dari Komisi 3 DPRD Banjarnegara sudah melakukan sidak ke lokasi proyek Langsung. 

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan, bahwa tuntutan wanprestasi pun mengancam perusahaan tersebut, jika hingga masa akhir kontrak pembangunan tahap satu tidak selesai.


“Kami sudah menerapkan kontrak kritis, saat ini dalam tenggang waktu teguran kedua (waktu kritis kedua). Jika sampai akhir kontrak realisasinya kurang dari 70 persen maka bisa off,” kata dia. 


Diberitakan sebelumnya, pembangunan tersebut berjalan terlebih dahulu tanpa mengantongi Izin analisis dampak lingkungan (AMDAL), hal itu diketahui saat awak media melakukan konfirmasi kepada Kepala Seksi Pengkajian dan Penanganan Dampak Lingkungan Hidup DLHK Provinsi Jawa Tengan (Jateng) dan Kepala DPKPLH Banjarnegara.


Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari PT. Jaya Semanggi Enjiniring selaku pemenang lelang proyek tersebut. Red/Tim

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot