Breaking News

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/09/2024

Undang Narasumber dari Media Jendelaindo, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Gelar Workshop Jurnalistik

Banjarnegara, Jendelaindo - Mendidik para siswa untuk menjadi jurnalis yang berkompeten dan berkualitas bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu dibutuhkan upaya yang sistematis dan konsisten dalam menanamkan nilai-nilai jurnalistik, serta keterampilan teknis dalam membuat berita.

Langkah yang diambil oleh SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara untuk menggelar Workshop Jurnalistik merupakan sebuah inisiatif yang patut diapresiasi.

Mereka dibimbing dan diberikan wawasan tentang prinsip-prinsip dasar jurnalistik oleh narasumber yang kompeten, tidak tanggung-tanggung, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mengundang Pemimpin Redaksi dari Media Jendelaindo News sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Pemimpin Redaksi Media Jendelaindo News, merupakan sosok yang cukup berpengalaman di dunia jurnalistik. Pengalamannya dan pengetahuannya tentang media ini dibagi dan ditularkan secara langsung kepada para siswa-siswi SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara.

Acara yang berlansung di Aula SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, Selasa (09/01/2024), dihadiri langsung oleh Kepala SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara dan beberapa guru di SMK tersebut. Hal ini menunjukkan komitmen pihak sekolah untuk mendukung dan memfasilitasi program-program yang berorientasi pada keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi pada siswanya.

Mendidik para siswa untuk memahami prinsip-prinsip jurnalistik tidak hanya penting bagi kepentingan profesionalisme dan kekinian, tetapi juga penting dalam pengembangan sikap kritis dan pemahaman yang masif terhadap lingkungan sosial dan politik di sekitarnya.

Sejalan dengan tujuannya untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik siswa, workshop ini dipandang sangat penting bagi perkembangan keprofesian jurnalistik di masa depan. Hasil dari workshop ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif bagi para siswa-siswi di SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara." Ujar Arief Ferdianto selaku Pemimpin Redaksi Jendelaindo.

"Digitalisasi yang semakin berkembang, peran jurnalis dalam menciptakan ruang diskusi dan informasi yang berkualitas sangatlah penting. Oleh karena itu, inisiasi SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara dalam menggelar Workshop Jurnalistik harus menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya, agar dapat menerapkan program-program serupa." Pungkasnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi contoh yang baik dalam penerapan pendidikan karakter pada siswa-siswa di SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara. Dalam workshop ini, siswa diajarkan Materi-materi dasar seperti, pengertian mengenai 5W+1H, bersikap Independen, cara pengambilan gambar, pengertian mengenai Pers dengan Wartawan dan materi lainya.
Dengan diadakanya acara ini, diharapkan para siswa-siswi mampu mengasah kemampuan menulis berita dan memproduksi konten dengan cara yang baik dan benar." Kata Arief.

Di tempat yang sama, Ngusman, S.Pd selaku Kepala SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara mengakatan, "Acara ini merupakan upaya SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, untuk membekali para siswa dengan keterampilan yang relevan dan membantu mereka menjadi generasi muda yang lebih terdidik dan berwawasan luas.

"Workshop Jurnalistik ini baru diadakan kembali, setelah Indonesia dilanda Pandemi Covid-19, sebelumnya, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara selalu mengadakan acara seperti ini." Katanya.

Lanjutnya, "Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik siswa SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, dengan cara memberikan informasi tentang prinsip-prinsip dasar jurnalistik, teknik peliputan, hingga cara menulis berita yang tepat dan akurat.

Workshop Jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru bagi para siswa dan membuka wawasan mereka tentang dunia jurnalistik. Setelah acara ini, para siswa diharapkan dapat lebih kritis dalam mengonsumsi berita dan informasi, serta mampu memilah dan menyaring mana informasi yang benar dan mana yang salah." Tegas Ngusman. Red***

Seputar Lain

Post Top Ad

Your Ad Spot