JENDELAINDO NEWS UPDATE // Pandangan Fraksi PAN : Pemkot Tegal Kurang Pengawasan Terhadap Perusahaan Nakal # Polres Metro Jakarta Pusat Bongkar Home Industry Ineks Palsu di Johar Baru # 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, Operasi DVI Polri Berakhir # APenyidik Evaluasi Bukti dan Keterangan Saksi Kebakaran Lapas Tangerang # Sindikat Skimming ATM, Pelaku Dua Orang WNA # DPD PDIP Laporkan Hersubeno ke Polda Metro Terkait Penyebaran Hoaks Megawati Koma # Komplotan Penggelapan 40 Mobil di Depok Berhasil Diamankan # Selain Kalapas, Penyidik Juga Periksa 6 Orang Terkait Kebakaran Lapas # Polda Metro Jaya Lakukan Pemeriksaan Terhadap Kalapas Tangerang # Polisi Bekuk 6 Pengeroyok Sekeluarga di Bekasi, Motifnya Utang Piutang # Ayu Ting Ting Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penghinaan # Polda Metro Jaya Teliti Laporan Henry Yosodiningrat Soal Kabar Hoaks Megawati Wafat # Densus 88 Antiteror Polri Dalami Informasi Teror dari Kemenlu Jepang # Swab Antigen Gratis Bagi CASN dan PPPK di Gayo Lues # Safari Ke Kota Banjar, Ridwan Kamil: Vaksinasi Disini Luar Biasa Tertinggi di Jawa Barat

Pemkot Tegal Terima Penghargaan Top Inovasi Terpuji TOP 45 KIPP Tahun 2021

 
Tegal,Jendelaindo - Kota Tegal terima penghargaan Top Inovasi Terpuji (TOP 45) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Klaster Kota tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Penghargaan diterima Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono secara daring dari Command Room Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kota Tegal, Selasa (09/11) siang dalam acara Penerimaan Anugerah Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP tahun 2021 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB. Wali Kota mengangkat piala dan piagam penghargaan yang kemudian berfoto bersama dengan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo. 

Usai menerima penghargaan secara daring kepada awak media, Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan  terima kasih kepada KemenPANRB yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kota Tegal sebagai pelayanan terbaik seluruh nusantara.

‘’Tentunya penghargaan ini sebagai motivasi dalam   peningkatan pelayanan masyarakat di Kota Tegal,’’ ujar Dedy Yon.

Deputi Bidang Pelayanan Publik (KemenPANRB) Diah Natalisa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah melakukan upaya untuk termasuk memberikan dorongan untuk memberikan upaya peningkatan pelayanan publik.

‘’Dorongan yang dimaksud  adalah menciptakan partisipasi publik untuk menumbuhkan , meningkatkan pelayanan pada sektor pemerintahan, salah satunya strateginya adalah memberikan pengahargan kepada penyelenggara pelaeynan publik seperti lembaga, pemerintah, kementerian, BUMN, BUMD yang melaksanakan public servis obligation yang memiliki prestasi dibidang pelayanan publik,’’ ujar Diah yang menyebut KIPP dilaksanakan sejak tahun 2014 dan tahun 2021 ini merupakan KIPP yang ke-8. 

Seperti diketahui, sesuai  pengumuman dari Menteri PANRB Nomor B/181/PP.00.05/2021 Tanggal 29 Juli Tahun 2021 e-KELURAHAN (Pelayanan Surat Keterangan/Pengantar Kelurahan dengan Tanda Tangan Elektronik) dari Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai perwakilan Kota Tegal berhasil terpilih sebagai salah satu TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji atau TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik kategori umum.

Sebelumnya inovasi e-Kelurahan berhasil lolos seleksi Final TOP 99 setelah melalui tahap presentasi dan wawancara dihadapan Tim Penilai Independen KIPP 2021 pada tanggal 6 Juli 2021. 

Sebagai peserta Kompetisi Kategori Umum, e-Kelurahan bersaing bersama 99 inovasi lainnya dari Kementerian, lembaga negara, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota.

Pengumuman pemenang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tersebut telah diperkuat dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1024 Tahun 2021 tanggal 28 Juli  tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021. 

Dalam Keputusan Menteri disebutkan bahwa e-Kelurahan berhak menyandang gelar sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 bersama 45 Inovasi kategori Umum Lainnya. 

Disebutkan bahwa urutan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021 disusun berdasarkan abjad intansi dan tidak menggambarkan peringkat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa e-Kelurahan sejajar dengan inovasi-inovasi Terpuji lainnya yang diusung oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Pemerintah Daerah lain di seluruh Indonesia.

Dalam sesi paparan dan wawancara pada 6 Juli 2021 lalu, yang diikuti oleh Sekda Kota Tegal, Johardi, yang didampingi oleh inovator dari Diskominfo menjelaskan bahwa e-Kelurahan merupakan terobosan Pemkot Tegal dalam menjawab kebutuhaan masyarakat akan layanan yang cepat, mudah dan dapat diakses dari mana saja.

Red/Sholeh
Lebih baru Lebih lama